Jumat, 02 September 2016 16:52:00

Wisata Makam Boru Lopian dan Sisingamangaraja di Parlilitan Butuh Perhatian

Parlilitan (Pelita Batak) :

Mulai dari Makam Boru lopian dan Makam Sisingamangaraja serta penasehatnya dan para panglimanya butuh perhatian. Kini terlihat kurang terawat yang semestinya harus dikembangkan.

Makam putri Lopian (Boru Lopian dalam bahasa Batak) yang terletak di Desa Sibulbulon (sionom hudon sibulbulon) berjarak kurang lebih 15 kilometer dari pusat kota Parlilitan dan 62 kilometer dari pusat kota Kabupaten Humbanghasundutan Doloksanggul.

Makam ini memiliki legenda sejarah yang harus di lestarikan dan dijaga hingga pengembanganya. Legenda yang hingga kini perlu pengembangan hingga meluruskan cerita rakyat tentang makam ini.

Seperti di ketahui Putri Lopian merupakan anak dari sisingamangaraja XII yang meninggal dunia pasca perang melawan belanda akibat tertembak.

Makam Putri Lopian di Desa Sibulbulon di resmikan oleh Gubernur Dumatera Utara WP Tambunan Tahun 1982 silam, dilokasi yang sama juga terdapat lokasi makam Sisingamangaraja dan Panglima Sisingamangaraja yang bernama Tengku Ajib Tinambunan dan penasihat sisinga mangaraja Parbunga Tumanggor.

Lokasi ini sangat Berpotensi sekali untuk dikembangkan disamping Merupakan Lokasi Markas sisingamangaraja yang masih berdiri kokoh di desa tersebut namun butuh pengembanganya.

"Untuk itu masyarakat Parlilitan khususnya Desa Sibulbulon berharap baik ke Pemerintah Kabupaten Humbanghasundutan dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara bidang Pariwisata dan khususnya Menteri Pariwisata Republik Indonesia agar turut serta membangun dan mengembangkan wisata ini," uacap Saut Tumanggor (RPB 1)