Jumat, 08 Juli 2016 16:11:00

Wisata Danau Toba di Bakara, Humbahas Masih Belum Tertata

Suasana pantai di Bakara, Humbang Hasundutan, Kamis 7 Juli 2016

Bakara (Pelita Batak): Pemerintah sudah memutuskan penataan wisata Danau Toba dengan membentuk Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba (BOPKPDT). Seharusnya ini menjadi pendorong bagi semua daerah untuk berbenah. Sayangnya hal ini belum terlihat di Bakara, Kabupaten Humbang Hasundutan Sumatera Utara.

Saat Redaksi Pelita Batak mengunjung Bakara, Kamis 7 Juli 2016, destinasi wisata di sana masih seadanya dan minim penataan. Ada beberapa objek wisata di sana yang menonjol, selain istana Sisingamangaraja XII. Ada air terjun Janji, dan ada pantai Danau Toba di beberapa lokasi. Khusus air terjun Janji memang sudah tampak baik, apalagi karena posisinya dekat jalan.

Namun akses ke sana masih sangat terbatas. Jalanan masih sempit dan belum mulus, meski sudah ada perbaikan dengan pengaspalan. Rambu lalu lintas dan pemandu ke lokasi wisata nyaris tak ada. Pengunjung mesti berhenti beberapa kali bertanya ke penduduk lokal. Untung warga sangat ramah memberi tahu lokasi wisata yang dimaksud.

Khusus wisata pantai masih seadanya. Upaya membuat pantai nyaman sebagai tempat berenang masih minim. Enceng gondok dibiarkan tumbuh liar sehingga banyak wisatawan urung berenang. Kebersihan sangat parah, dan tak tampak ada tempat pembuangan sampah. Pengunjung seenaknya membuang sampah di bibir pantai, bahkan ke Danau Toba.

Osman Manalu, pengunjung dari Medan menyatakan keprihatinannya. Dia sengaja membawa keluarganya ke sana untuk menunjukkan Danau Toba bukan hanya Samosir dan Parapat. "Saya berharap ada perhatian pemerintah setempat untuk menatanya," ujarnya.(R2)