Senin, 28 Desember 2020 14:35:00

Wisata Alam Seribu Goa Banuarea

BANYAK sekali potensi wisata yang ada di Nusantara ini contohnya seperti wisata pantai atau pegunungan yang indah. Namun, selain itu terdapat juga wisata alam yang tidak boleh kamu lewatkan. 

Salah satu objek wisata alam yang dapat memberikan pengalaman baru dan menantang adalah wisata alam gua. Kita akan melihat pemandangan yang sangat berbeda dengan dunia di atas tanah. Meskipun keadaannya gelap tapi kita bisa melihat keindahan misterius bumi, seperti sungai bawah tanah, air terjun, stalaktit dan stalakmit. Selain itu, kita juga bisa melihat banyak satwa dan aktivitas mereka di dalam gua. 

Bagi kamu yang penasaran dan sedang mencari rekomendasi wisata gua yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Wisata Alam Seribu Gua Banuarea yang menurut informasi dari masyarakat setempat adalah gua yang terbentuk secara alami sejak ratusan tahun yang lalu.

Wisata Seribu Gua Banuarea menawarkan aktivitas yang lumayan membutuhkan keberanian yakni cave tubing serta pemandangan stalaktit dan stalakmit yang mengagumkan saat anda melakukan susur gua.

Dimana lokasi Seribu Goa Banuarea?

Wisata Alam SERIBU GOA adalah destinasi wisata gua yang berada di Kecamatan Pakkat, Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara. Di Desa Banuarea tepatnya. Gua ini berada di kaki perbukitan Dolok Pinapan. Gua ini berada sekitar 7 km dari Pusat Kota Pakkat dan akan membutuhkan sekitar 40 menit perjalanan. Sekitar 44 km dari Pusat Kota Doloksanggul, ibukota Kabupaten Humbang Hasundutanbatau sekitar 2 jam perjalanan.

Akses/Rute menuju Seribu Goa Banuarea.

Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi ke Setibu Gua Banuarea, jika kamu memulai perjalanan dari Doloksanggul, kamu hanya perlu mengikuti jalan besar Jalan Doloksanggul-Pakkat.

Akses atau jalan masuk:
Desa Parbotihan, Kecamatan Onanganjang, kamu bisa beryanya kepada warga dimana jalan ke Desa Banuarea. Dari persimpangan kamu akan melintasi 3 Desa untuk bisa tiba di Desa Banuarea, yakni Desa Panggugunan, Desa Pulogodang Desa Sipagabu. Dari Desa Sipagabu ke lokasi sekitar 1 jam perjalanan dikarenakan infrastrukturnya masih ekstrim.

Jika kamu memilih melalui Pusat Kota Pakkat, sekitar 700 meter sebelum Monumen Salak di simpang 4 Pakkat kamu akan melihat persimpangan. Simpang menuju Desa Lumban Tonga-tonga, Desa Sijarango dan Desa Sijarango 1. Di persimpangan ini kamu bisa bertanya kepada warga. Sekitar 30 menit perjalanan masuk persimpangan kamu akan tiba di Desa Sijarango. Masuk ke Simpang SMP Negeri 6 Pakkat. Darisana hanya perlu 20 menit untuk toba dilokasi.(*)

(Banuarea/26 Desember 2020)
Mudar Batak &Kru