Selasa, 14 Juli 2020 16:30:00

Webinar Departemen Marturia & Biro Zending : Penginjilan Dimasa Pandemi Covid-19

Pematangsiantar (Pelita Batak):
Selama masa pandemik covid-19 ini, semua pekerjaan dan pelayana di dunia mengalami kelumpuhan. Baik pemerintah maupun swasta bahkah dunia pelayanan di tengah-tengah gereja mengalami kesulitan untuk melanjutkan pelayanan seperti biasanya. Namun meskipun pandemic melanda proses pelayanan gereja saat ini, para pelayan dan jemaat tidak kaku menghadapi pandemic covid 19 ini. Justru pelayanan di masa covid ini mempunyai warna tersendiri untuk menyentuh lapisan pribadi lepas pribadi jemaat. Salah satu pelayanan yang masih dilakukan adalah ibadah live streaming melalui facebook, youtube dan siaran televisi.

Kagiatan dan pelayanan masih dilakukan secara virtual, barubaru ini Departemen Marturia melakukan festival virtual choir dan video penginjilan anak dan dewasa. Meskipun virtual, kegiatan ini juga dapat dirasakan seperti nyata bagi jemaat yang mengikuti kegitan ini. Begitu juga dengan kegiatan yang baru dilakukan yaitu ZOOMINAR Departemen Marturia & Biro Zending dengan tema: PENGINJILAN DIMASA COVID 19. Kegiatan ini diikuti 160 peserta dengan 4 pembicara handal.

Dimulai dari Ibu kadep, Pdt. Dr. Anna Ch Vera Pangaribuan membawa tema: Pelayanan Pastoral; Terapy dimasa covid 19, lebih menekankan kepada para peserta untuk mempunyai skil untuk melakukan konseling pastoral dengan kemampuan lebih banyak mendengar. Tema kedua dengan judul: Tetap setia dalam penginjilan yang disampaikan oleh Pdt. Dr. Sukanto Limbong. Materi ini lebih mengajak untuk menemukan normal yang baru untuk penginjilan, dan melibatkan jemaat untuk menginjili jemaat.

Tema ketiga disampaikan oleh Pdt. Dr. Binsar Pakpahan yang bertemakan: Pemahaman Teologis mengenai Penyakit, penyakit memang bisa datang kepada siapa saja, apa lagi penyakit covid ini. Tetapi pengajaran Yesus menekankan bahwa kecelakaan tidak memastikan bahwa dosa yang celaka lebih besar dari yang tidak celaka. Namun orang yang tidak bertobat akan celaka. Tema keempat disampaikan oleh Pdt. Dr. Deonal Sinaga dengan judul: Gereja hadir menjadi sahabat bagi umat terdampak. Tema ini mengajarkan 4 point agar gereja selalu hadir dalam situasi apapun, yaitu: gereja yang berempati, gereja yang bersimpati, gereja yang solider, dan gereja yang mendengarkan suara korban covid 19.

Selama kurang lebih 240 menit, ZOOMINAR ini berlangsung dengan baik dan terukur, ada beberapa peserta yang menyampaikan pertanyaan melalui chat dan juga secara langsung. Semua pembicara menjawab sesuai dengan porsinya masing-masing. Kegiatan zoominar ini dimoderasi oleh kabiro zending HKBP, Pdt. Antoni Manurung. Diakhir kegiatan, uapan terima kasih juga disampaikan oleh beberapa peserta atas terlaksananya kegiatan ini dengan baik. Semoga melalui kegiatan ini, pengijilan semakin berkembang ditengah-tengah pandemic covid 19 ini.(*)