Senin, 05 Juni 2017 14:08:00

Warga Medan Timur Tingkatkan Partisipasi Dukung Program Pembangunan

Medan (Pelita Batak) :
Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengajak  seluruh masyarakat Kota Medan, khususnya  warga Kecamatan Medan Timur untuk memperkuat komitmen dan terus meningkatkan partisipasinya dalam mendukung program pembangunan yang tengah dijalankan saat ini. Sebab, tanpa dukungan penuh seluruh lapisan masyarakat, maka pembangunan yang dijalankan  sulit untuk dapat dilaksanakan.

Ajakan ini disampaikan Wali Kota ketika melaksanakan Safari Subuh di Masjid Daarul Ma'arif Jalan Damar Raya, Kelurahan Pulo Brayan II, Kecamatan Medan Timur, Sabtu (3/6). Ratusan warga menghadiri Safari Subuh yang digelar Pemko Medan dalam rangka untuk lebih mendekatkan diri sekaligus membangun jembatan hati dengan masyarakat.

Dikatakan Wali Kota, dukungan itu dapat dilakukan dalam membentuk mensuksseskan program-program pembangunan yang sedang dijalankan seperti menjaga kebersihan dan meningkatkan keamanan dengan menghidupkan kembali siskamling di tempat tinggalnya masing-masing.

Eldin yakin jika masyarakat peduli dengan menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan, Kota Medan dipastikan akan bersih. "Tidak ada gunanya jika Pemko Medan terus berupaya meningkatkan kebersihan namun masyarakat ternyata tidak mendukungnya. Untuk itu diperlukan dukungan penuih seluruh lapisan masyarakat agar Kota Medan yang kita cintai ini bersih dari sampah," kata Wali Kota.

Begitu juga dengan masalah keamanan, Eldin mengingatkan tidak bisa hanya mengandalkan dan menggantungkannya kepada aparat kepolisian semata. Masyarakat harus ikut berperan dan peduli dengan keamanan di kawasan tempat tinggalnya masing-masing. Salah satunya dengan mengaktifikan kembnali sistem keamanan lingkungan (siskamling).

Dihadiri Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi, Sekda Kota Medan, Ir Syaiful Bahri Lubis, anggota DPRD Medan (Zulkarnain Yusuf Nasution, H Jumadi dan Hj Hamidah), H Afifuddin Lubis (Dewan Kota), pimpinan SKPD serta Camat Medan Timur, Parulian Pasaribu,  Wali Kota selanjutnya mengingatkan kepada warga agar selalu mengawasi putra-putrinya agar tidak terjerumus narkoba.

"Peredaran narkoba saat ini sudah dalam tahap meresahkan. Jadi kita harus peduli dan terus mengawasi keluarga kita agar tidak terlibat narkoba. Apabila ada anggota keluarga yang terlibat narkoba, segera laporkan kepada pihak kelurahan maupun kecamatan agar cepat direhabilitasi," pesan Wali Kota.

Selanjutnya mantan Wakil Wali kota dan Sekda Kota Medan itu berharap, Shalat Subuh berjamaan yang dilakukanj ini dapat terus dilaksanakan dengan berkesinambungan, sehingga mampu menjadi rutinitas bagi semua masyarakat, tidak hanya di bulan Ramadhan tetapi juga dibulan lainnya dalam upaya untuk memakmurkan masjid.

Safari Subuh ini diisi dengan makan sahur bersama dan dilanjutkan dengan Shalat Subuh berjamaah. Setelah itu Wali Kota bersama Wakil Wali Kota memberikan santunan kepada 100 anak yatim yang diberikan secara simbolis kepada 10 anak yatim. Kemudian Wali Kota menyerahkan bantuan sebear Rp.40 juta kepada Ketua BKM Daarul Ma'arif, H Sulaiman  untuk kemakmuran Masjid Daarul Ma'arif.

Ketua BKM Daarul Ma'arif, H Sulaiman  mengucapkan terima aksih karena Wali Kota beserta rombongan telah memilih Masjid Daarul Ma'arif  sebagai tempat melaksanakan Safari Subuh. Dia berharap kehadiran Wali Kota beserta rombongan semakin memotivasi masyarakat untuk memakmurkan masjid yang pembangunannya selesai dilakukan  10 April 2006.

Kemudian Sulaiman menambahkan, BKM Daarul Ma'arif juga berencana untuk memperluas masjid, sebab jumlah jamaah cukup banyak, terutama saat  Shalat Jumat.  "Tentunya bantuan yang diberikan ini akan kami pergunakan dalam rangka mendukung perluasan Masjid Daarul Ma'rif," ungkap Sulaiman. (H|TAp)