Selasa, 19 Januari 2021 09:22:00

Walikota Sidimpuan Ikuti Vidcon Dengan Presiden RI Dalam Rangka Kemitraan PMA/PMDN Dengan UMKM

Padangsidimpuan (Pelita Batak) :
Walikota Padangsidimpuan Irsan Effendi Nasution didampingi Wakil Walikota Arwin Siregar dan Sekdakot Letnan Dalimunthe mengikuti vidio confrence dengan Presiden RI Joko Widodo dalam rangka penandatanganan Kerjasama Kemitraan PMA/PMDN dengan UMKM.

Turut hadir Kadis Perdagangan, Kadis PMPTSP, Kadis Kominfo, Kabag Perekonomian, Kabag Tapem Setdakot.

Presiden RI dalam Vidcon nya menyampaikan bahwa kemitraan PMA/PMDN dengan UMKM sangat penting dan saling menguntungkan yang  bertujuan untuk memajukan pertumbuhan ekonomi yang global dan menghasilkan produk yang lebih baik.

Melalui kerja sama tersebut, Presiden mengharapkan agar UMKM dapat terus belajar dan meningkatkan manajemen dan kualitas produknya sesuai dengan keinginan pasar untuk naik kelas. 

Terus meningkatkan kualitas produk, memperbaiki manajemen, memperbarui desain produk sesuai keinginan pasar, dan bisa memanfaatkan kerja sama kolaborasi dengan usaha-usaha besar ini agar bisa menaikkan kelasnya.

Selain itu, kemitraan ini tentu harus diperluas lebih lanjut dan dilembagakan hingga terbentuk pola relasi yang saling menguntungkan antara UMKM dengan perusahaan perusahaan besar. Usaha besar tidak boleh hanya mementingkan dirinya sendiri.

Kepala Negara meminta jajarannya agar kontrak kerja antara UMKM dan usaha besar ini harus berlangsung secara berkelanjutan. 

"Tidak hanya sekali, tapi terus-menerus. Kemudian terus meningkat nilainya serta meningkat pula luas cakupannya sehingga secara signifikan meningkatkan kelas dan daya saing UMKM kita di pasar global," ujar Presiden.

Terwujudnya bentuk kemitraan antara UMKM dengan perusahaan-perusahaan besar tersebut tentu menjadi kabar baik bagi upaya peningkatan kelas UMKM di Tanah Air, utamanya di tengah situasi pandemi covid 19 saat ini.(STR)