Selasa, 17 Maret 2020 09:05:00

Universitas Nommensen Medan Menuju Kampus Hijau Produksi Buah Pertama di Pulau Sumatera

Penanaman bibit pohon pertama oleh Bapak Dr. Richard AM Napitupulu, S.T., M.T selaku Wakil Rektor I mewakili Bapak Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan
Medan (Pelita Batak):
Penanaman pohon buah produktif di Universitas Nommensen yang diinsiasi oleh Kamar Dagang dan Industri Sumatera Utara (KADIN) bekerjasama dengan Yayasan Budaya Hijau Indonesia (YBHI) yang dituangkan dalam bentuk Nota Kesepahaman (Momerandum of Understanding) antara Kamar Dagang dan Industri Sumatera Utara dengan Universitas HKBP Nommensen Medan, Jumat (13/03/2020).

"Universitas HKBP Nommensen merupakan kampus yang terletak di tengah kota dan pernah mendapatkan penghargaan dari Walikota Medan sebagai kampus hijau." Beliau juga berterimakasih kepada Kamar Dagang dan Industri Sumatera Utara karena telah memilih kampus ini menjadi salah satu project program unggulan dalam memelihara kelestarian lingkungan hijau yang berkelanjutan melalui Kampung Kadin 26," ujar Dr. Haposan Siallagan, S.H., M.H, Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan.

Kegiatan berlanjut, Minggu (15/03/2020) diawali dengan penanaman pohon pertama oleh Bapak Dr. Richard AM Napitupulu, S.T., M.T selaku Wakil Rektor I yang mewakili Bapak Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan.

"Mudah-mudahan kerja sama ini dapat kita tingkatkan kembali sehingga Nommensen bisa menjadi kampus hutan produksi buah pertama di Pulau Sumatera
Bathara Surya Yusuf selaku Ketua Yayasan Budaya Hijau Indonesia mengatakan pihaknya sangat berterimakasih dan bersyukur diterima dengan baik oleh pihak Universitas HKBP Nommensen dan relawan ecoenzym Indonesia yang sudah bekerja sama sehingga hanya dalam beberapa jam saja sudah berhasil menanam sekitar 120 batang pohon produksi buah di lingkungan kampus. Adapun jenis pohon yang ditanam yaitu pohon matoa, manga, duku, kuini, durian, lengkeng dan sawo.

"Harapannya semoga dengan penanaman pohon ini dapat mengurangi pemanasan global. Untuk itu dalam waktu dekat kita juga akan mengadakan seminar dan pelatihan pembuatan ecoenzym di UHN," tambahnya.
Turut hadir menjadi relawan ecozym, Bapak Dr. Ir. Martono Anggusti, S.H,. M.M., M.Hum selaku Wakil Ketua Bidang CGC,CSR dan Lingkungan Hidup Kadin Sumut, Drs. Rusliaman Siahaan, M.M, Drs. Samse Pandiangan, M.Sc Ph.D, Jinner Sidauruk, SH, MH, Ir. Rosnawyta Simanjuntak, M.P, Drs. Herry DS Pasaribu, MM, Ir. Bangun Tampubolon, M.S, Staf, Dosen, Mahasiswa UHN dari beberapa prodi, relawan eco enzyme dari luar kampus Univesitas HKBP Nommensen Medan. (TAp|*)