Senin, 07 Oktober 2019 18:20:00

UHN Medan Siap Merespon Industri 4.0

Ompui Ephorus HKBP, Sekjen HKBP, Rektor UHN Medan, Ketua yayasan, Ketua Dewan pengawas sedang memencet bel tanda dimulainya pembangunan Auditorium UHN Medan Chapel di Kampus UHN Medan
Medan (Pelita Batak):
Sebagai sebuah perguruan tinggi yang juga milik Gereja HKBP, Universitas HKBP Nommensen Medan (UHN Medan) siap merespon perubahan jaman, yakni Revolusi Industri 4.0. hal itu ditegaskan oleh Rektor UHN Medan Dr. Haposan Siallagan, SH, MH saat memberikan kata sambutan pada acara tunggal sidang senat terbuka dalam rangka Dies natalis UHN medan ke 65 di Gedung Auditorium Fakultas Kedokteran, Senin (7/10/2019). Pada acara Dies Natalis ke 65 ini secara resmi dilakukan peletakan batu pertama Gedung Auditorium UHN yang baru dan Chapel untuk pelayanan kepada mahasiswa UHN Medan.

Peletakan batu pertama ini langsung dilakukan oleh Ompui ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumban Tobing, Sekretaris Jenderal HKBP Pdt. Dr. David F. Sibuea, Ketua Yayasan UHN Medan Dr. Ir. Nurdin Tampubolon, MM, Ketua Dewan pengawas Dr. Ir. Manerep Pasaribu. Adapun tujuan dari pembangunan Auditorium UHN Medan dan Chapel ini sebagaimana yang dikatakan oleh Rektor UHN Medan adalah untuk memberikan pelayanan kepada mahasiswa dan juga untuk membangun kepercayaan publik kepada UHN bahwa UHN sedang dalam pembenahan dalam rangka memeprsiapkan diri sebagai sebuah perguruan tinggi yang siap merepon segala bentuk perubahan, tegas Rektor lagi.

Dalam sambutan Rektor di sidang senat rapat terbuka Rektor mengatakan saat ini UHN siap merespon perubahan jaman dimana sebaga wujud tanggung jawab UHN Medan pada masyarakat Sumatera Utara. Dunia saat ini semakin canggih, dimana perkembangan teknologi menekankan pola digitalisasi ekonomi, artificial intelegence, big data, robotic, dan sebagainya, tetapi semua itu akan kita antisipasi, tegas Rektor lagi.

Rektor juga melaporkan berbagai capaian yang telah dlakukan oleh UHN Medan dimana UHN perlu berfokus pada ketercapaian capaian pembelajaran, lulusan, ketercapaian visi, misi, dan tujuan tersebut,  maka  UHN ini  perlu memiliki nilai-nilai bersama (UHN Values Share) dengan prinsip utama terangkum dalan satu kata IN  HARMONI (Institution Nommensen (UHN) must  be: Humble, Agile, Respect, Motivated, Outstanding school, Nation, Integrity) yang merupakan Interpretasi dari wujud "Pro Deo et Patria" Bagi Tuhan dan Ibu Pertiwi, dalam kehidupan sivitas akademika UHN dilandasi semangat berjuang dan berkarya.

Tambah Rektor lagi, peran serta segenap warga sivitas akademika sangat diharapkan, dengan kata lain tanggung jawab bukan terletak pada pundak Rektor semata namun pada pundak segenap warga kampus UHN. Dapat dipahami (a.) Pemimpin dan civitas akademika UHN harus rendah hati dan lincah/trengginas (Humble dan Agile); (b) Memberikan Kesempatan kepada orang Lain (Respected); (c.) Bekerja dengan Berbekal Iman dan Ilmu (Motivated); (c) d. Dalam Bekerja Hendaknya Membuat Perencanaan  Tertentu  untuk mencapai tujuan utama UHN sebagai perguruan tinggi  kelas dunia (Outstanding dan Nation); dan (e) Mematuhi Aturan yang Berlaku (Integrity). Kedepan para dosen yang punya reputasi khusus dan prestasi akan kita dorong untuk lebih inovatif di era yang serba kompetitif yang membutuhkan inovasi dan kreasi, tegas Rektor lagi.

Pada acara Dies natalis ke 65 Ketua yayasan UHN medan memberikan orasi ilmiah dengan judul "Peran Industri Sawit Dalam Perekonomian Nasional dan Memandirikan Masyarakat Melalui Peningkatan Daya Saing di Pasar Global". Kemudian Ephorus HKBP juga ikut memberikan kata sambutan yang mendukung program In HARMONI UHN Medan. Pada acara Dies Natalies ke 65 ini hadir para pengurus yayasan seperti Seketaris Pdt. Dr. Pintor M. sitanggang, Golfried effendi Lubis, SE, Ak, Prof. Dr. Himsar Ambarita, M.Eng, Dra. Pinondang Nababan, MM, Kombes (Purn) Dr. Maruli Siahaan, SH, MH, St. Drs. Monang Siburian. Dari HKBP hadir Pdt. Dr. Anna Vera Pangaribuan, Pdt. Debora Sinaga, M.Th, dan yang lainnya.(TAp|*)