Senin, 18 November 2019 20:29:00

Tuding Proyek Drainase Asal Jadi, Mahasiswa Datangi Kantor Wali Kota Medan

Aksi unjuk rasa di depan kantor Walikota Medan, Senin (18/11/2019).
Medan (Pelita Batak) :
Kota Medan kerap tergenang dan banjir di musim penghujan, sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Dewan Presidium Mahasiswa Sumatera Utara menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor wali kota Medan, Senin (18/11/2019). 

Dalam orasinya, mereka menyerukan berbagai tuntutan, salah satunya mengenai banjir yang kerap menerjang sejumlah titik di Kota Medan pada akhir-akhir ini.

Pemerintah, menurut mereka, telah gencar-gencarnya memperbaiki dan membangun drainase di setiap sudut jalanan. 

Pemkot Medan telah menambah kedalaman dan lebar drainase untuk menambah daerah resapan atau daerah tampung. Tapi ironisnya, kata mahasiswa, pembangunan tersebut tak membuahkan hasil yang signifikan. Terbukti, dalam beberapa waktu terakhir ini, saat musim penghujan, genangan-genangan air masih menyerbu sejumlah lokasi di Kota Medan.

Mahasiswa mencap, proyek tersebut adalah proyek gagal dranaise. Dampaknya, sebut mahasiswa, masyarakat jadi resah karena bangunan itu malah menambah keburukan dan masalah.

"Hingga saat ini Kota Medan tak kunjung terbebas dari banjir, padahal sejak Tahun 2016 hingga 2017, pemko Medan sudah menggelontorkan anggaran triliunan rupiah untuk perbaikan infrastruktur.  Untuk Tahun 2016, PU Medan menggelontorkan dana lebih dari Rp 220 M, sementara Tahun 2017, dananya Rp 313 M," ujar Lukman Siregar selaku Koordinator Aksi.

Proyek pembangunan yang tidak terkonsep itu, kata mahasiswa, adalah buah dari para koruptor yang  memenangkan tender. "Kami meminta dan mendesak kepada aparat penegak hukum, Kejatisu, Poldasu, dan KPK, agar menindaklanjuti segala kecurangan yang terkait KKN di Dinas PU," sambung Lukman

Pantauan dilapangan, unjukrasa ini dikawal ketat oleh sejumlah personil kepolisian dan satpol PP. Aksi ini sendiri tak sampai mengganggu arus lalulintas di sejumlah ruas jalan di depan kantor Walikota Medan.(TAp|Man)