Rabu, 25 Maret 2020 19:20:00

Terkait penanganan COVID 19, Polres Padangsidimpuan Siap Jalankan Maklumat Kapolri

Padangsidimpuan (Pelita Batak) :
Kapolres Kota Padangsidimpuan AKBP Juliani Prihatini meminta kepada masyarakat untuk tidak berkumpul kumpul dalam upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Padangsidimpuan.

"Lebih baik mencegah daripada mengobati, sedia payung sebelum hujan," ujar AKBP Juliani Prihatini kepada wartawa  Rabu 25 Maret 2020.

"Polres Kota Padangsidimpuan bersama Forkopimda siap membubarkan masyarakat yang berkumpul-kumpul," tambahnya.

Polres Padangsidimpuan menyatakan menjalankan maklumat Kapolri nomor : mak/2/III/2020 tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran COVID-19.

Maklumat yang dikeluarkan Kapolri Jenderal Pol Drs Idham Azis ini semata untuk kepentingan kita dan untuk keselamatan masyarakat dengan pertimbangan situasi nasional terkait cepatnya penyebaran virus corona atau COVID-19 dan pemerintah juga telah mengeluarkan kebijakan dalam rangka penanganan virus secara baik, cepat, dan tepat agar tidak meluas.

Isi maklumat diantaranya, Tidak mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak, baik di tempat umum maupun lingkungan sendiri.

Seperti, pertemuan sosial, budaya, keagamaan dan aliran kepercayaan yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam sarasehan dan kegiatan lain yang sejenis. Juga konser musik, pekan raya, festival, baazar, pasar malam, pameran, dan resepsi keluarga.

Kemudian, kegiatan olahraga, kesenian, dan jasa hiburan, unjukrasa, pawai, karnaval, serta kegiatan lainnya yang menjadikan berkumpulnya massa.

Kapolri dalam maklumatnya meminta masyarakat luas untuk tetap tenang dan tidak panik serta lebih meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing dengan selalu mengikuti informasi berkembang.

"Polri bersama pemerintah Kota Padangsidimpuan siap memutus mata rantai penyebaran dan pencegahan COVID-19. Sejauh ini pemerintah Kota Padangsidimpuan telah mempersiapkan langkah-langkah pencegahan, insyaallah kita bisa jika bersama-sama," ujar Kapolres AKBP Juliani Prihartini.(Saut Togi Ritonga)