Sabtu, 12 September 2020 00:14:00

Terima Audiensi DPP KMDT, Kapolda Sumut Dukung Program Menciptakan SDM Unggul Kawasan Danau Toba

Kapolda Sumut, Irjen Drs Martuani Sormin MSi menerima audensi dan silaturahmi pengurus DPP KMDT di Aula Perjamuan Lantai II Mapolda Sumut.
Medan (Pelita Batak):
Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs Martuani Sormin MSi mengapresiasi sejumlah program kerja yang dilakukan Komite Masyarakat Kawasan Danau Toba (KMDT) diantaranya untuk membangun SDM Unggul di kawasan danau Toba. Pengembangan kawasan pariwisata Geopark Kaldera Toba yang kini menjadi bagian Global Geopark UNESCO harus didukung oleh SDM yang unggul dengan kata lain mampu mengelola kawasan tersebut dengan menjaga kelestarian lingkungan.

Hal itu disampaikan Kapolda Sumut saat  menerima audiensi Dewan Pengurus Pusat (DPP) Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT), Jumat (11/9/2020) di aula Perjamuan Lantai II Mapolda Sumut. 

Didampingi PJU Polda Sumut, Kapolda Sumut menyambut kedatangan Ketua umum DPP KMDT, St Edison Manurung, Wakil Ketum, Enni Martalena  Pasaribu SH MH MKn CRA, Bendahara Sapri Situmeang, Dewan Pakar Prof Dr Sihol Situngkir, serta Ujiana Sianturi selaku Ketua Panitia Natal KMDT 2020. 

Saat ini, kata Kapolda Sumut, permasalahan yang terjadi di Danau Toba yaitu permasalahan lahan alih fungsi lahan dan kerusakan lingkungan. Serta akibat pandemi Covid-19, kunjungan wisatawan ke Danau Toba juga berkurang sehingga perekonomian masyarakat terganggu. 

"Beberapa waktu lalu kami menanam bibit jagung bersama masyarakat untuk membantu meningkatkan ketahanan pangan di Kab. Samosir", ujar Kapolda Sumut

Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di bidang pariwisata juga sangat diperlukan seperti penggunaan bahasa yang santun, menjaga kebersihan lingkungan sekitar Danau Toba serta menjamin keamanan di setiap destinasi wisata. Untuk itulah, lanjutnya, membangun SDM Unggul di kawasan danau Toba sebagai mana program KMDT dinilai sangat tepat.

Bukan saja untuk sisi akademis, namun juga pendidikan pencegahan perilaku koruptif. Perilaku koruptif harus dihindari oleh siapapun.

Kapolda juga mengingatkan, perlunya sosialisasi di kawasan danau Toba untuk masyarakat dan para pengelola objek wisata yang berada di sekitar Danau Toba untuk meningkatkan protokol kesehatan guna menghindari cluster baru. Hal ini untuk menjamin masyarakat yang berkunjung agar tidak terpapar Covid-19. 

Sementara Ketua Umum KMDT, Edison Manurung mengatakan, sangat berterimakasih kepada Kapolda Sumut yang telah menerima kunjungan audensi dan silaturahmi pengurus DPP KMDT.

Katanya, DPP KMDT dan Kapolda Sumut membahas dalam rangka persiapan rapat kordinasi dengan 7 Bupati Sekawasan Danau Toba untuk percepatan wisata dan SDM Unggul di Kawasan Danau Toba. 

"Pengurus DPP KMDT sangat apresiasi dan bangga atas prestasi yang telah diraih Kapolda Sumut pasca 9 bulan menjabat, Beliau juga sangat mendukung kegiatan DPP KMDT" kata Edison. 

Dalam waktu dekat DPP KMDT bersama Kapolda Sumut akan melakukan penanaman pohon Makadamia, jenis tanaman kacang-kacangan yang harga jualnya sangat fantastis dan termahal di dunia. 

Bertujuan, untuk menopang perekonomian masyarakat di 7 Kabupaten yang berada di wilayah kawasan Danau Toba.

Selain menanam pohon Makadamia, DPP KMDT juga membahas dengan Kapolda Sumut terkait hasil tanaman kopi dan andaliman yang dihasilkan oleh masyarakat sekitarnya. 

Ditambahkan Enni Martalena, visi dan misi KMDT sejalan dengan Kapolda Sumut yakni terlebih dahulu membangun SDM yang unggul dikawasan Danau Toba. 

Dalam waktu dekat KMDT akan melakukan studi banding dikawasan objek wisata yang sudah maju seperti Bali. 
" Tanpa SDM yang unggul, mustahil program memajukan objek wisata Danau Toba terlaksana dengan baik" kata Wakil Ketua Umum DPP KMDT. (TAp)