Jumat, 19 Agustus 2016 13:36:00

Siswa Ichikawa Jepang Turut Upacara HUT RI di Medan

Pelita Batak :
Tujuh pelajar dari Kota Ichikawa Jepang, mengunjungi KOta Medan dan bertemu dengan Wali Kota Dzulmi Eldin dalam rangka program pertukaran pelajar guna mempererat hubungan kota kembar Kota Medan dengan Kota Ichikawa Jepang. Selain melakukan program pertukaran pelajar para pelajar dari Kota Ichikawa ini  mengikuti upacara detik-detik Proklamasi RI serta menyaksikan pawai pembangunan di Kota Medan.

Ke tujuh pelajar Ichikawa dan tempat magang di sejumlah sekolah SMA di Kota Medan adalah Chiari Yoshioka, Keyan Yuan dan Koko Tanaka (SMAN 1 Medan), Yuki Hirose (SMA Syafiatul Amaliyah), Shiho Tsumura (SMAN  Sutomo 1 Medan), Masaki Fujimura (SMAN 3 Medan) dan Rika Nagomo (SMA Harapan 1 Medan) ditambah  2 pendamping Mrs Yuki Tsunoda (pimpinan delegasi) dan Mr Tosiyuki Yosihara (dari Asosiasi sister city Ichikawa –Medan).

Dzulmi Eldin didampingi pengurus Asosiasi Medan-Ichikawa ZH Umeda dan Kapala Bagian Hubungan Antar Daerah Kota Medan Drs Rivai Nasution dalam kesempatan itu mengucapkan selamat datang di Kota Medan dan berharap selama di Kota Medan merasa senang dan betah dan nantinya kembali ke Ichikawa dapat membawa pengalaman yang berharga. Selama di Kota Medan Pemko Medan akan memfasilitasi para pelajar guna meningkatkan pengalaman dan pengetahuannya.


"Selamat datang ke Kota Medan ini, silahkan mempelajari kehidupan masyarakat Kota Medan  dan silahkan dipelajari dan melihat–lihat objek wisatanya,“ ujar Eldin.

Kabag Hubungan antar Daerah Kota Medan Drs Rivai Nasution mengatakan, 7 pelajar Ichikawa berada di Kota Medan mulai 15 sampai 24 Agustus 2016, tinggal di rumah orang tua asuh masing-masing, selain magang di sejumlah sekolah yang ada di Kota Medan, para pelajar ini juga melakukan berbagai kegiatan, yakni mengikuti upacara detik-detik Proklamasi RI di Lapangan Merdeka, menyaksikan pawai pembangunan, city tour ke Masjid Raya, Istana Maimon, Rahmat Gallery, Parapat, Simalem, kunjungan ke SMAN-1 Medan, dan kunjungan ke Konsulat Jepang.

Pimpinan delegasi Mrs Yukui Tsunoda mengatakan, mengucapkan terima kasih atas sambutannya yang begitu hangat baik dari Pemko Medan maupun dari para orang tua asuh, para pelajar akan mempelajari kehidupan masyarakat dan berbagai budaya yang ada di Kota Medan, pemerintah Ichikawa akan terus mempersiapkan para pelajar yang akan mengikuti programini agar program pertukaran pelajar dan hubungan sister city antara Ichiklawa dan Kota Medan setiap tahun terus berkembang dan meningkat. (TAp)