Senin, 31 Juli 2017 17:24:00

Sipirok Juara Umum MTQN Ke 49 Tingkat Kab Tapsel

Penutupan MTQ diwarnai penyerahan hadiah
Tapsel (Pelita Batak) :  Tuan rumah Kecamatan Sipiriok berhasil menjadi Juara Umum pada MTQN ke-49 Tingkat Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun 2017, sekaligus berhak atas piala bergilir Bupati Tapanuli Selatan .

Hal itu sesuai dengan hasil pengumuman yang disampaikan dewan hakim pada penutupan acara MTQ ke 49 Tingkat Kabupaten Tapanuli Selatan yang diikuti sebanyak 530 qori qoriah dari 14 Kecamatan di lapangan bola Muara Siregar Sialagundi - Parau Sorat Kecamatan Sipirok, Minggu 30 Juli 2017 malam.

Keberhasilan Sipirok sekaligus menggeser piala bergilir Bupati Tapanuli Selatan dari tangan Kecamatan Sayur Matinggi yang juara umum MTQ 2016, akan tetapi Sayurmatinggi berhasil juara umum untuk MQK (Musabaqah Qiraatul Kutub). 

Dari prestasi masing-masing berdasarkan keputusan dewan hakim sebanyak tiga qori qoriah di antaranya mendapatkan tiket gratis umroh ke tanah suci Makkah.

Ketiganya yang mendapatkan tiket gratis umrah itu yaitu Baginda Andesta Lubis dari Sayurmatinggi cabang Hifzil 30 Juz, diberikan Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M Pasaribu.

Kemudian satu tiket gratis umrah dari PT Bank Sumut diberikan kepada Rini Andriani Simanjuntak terbaik cabang Mujawad remaja puteri asal Kecamatan Angkola Barat 

Satu tiket gratis umrah lagi dari PLTA North Sumatera Hydro Energy diberikan kepada Muslimin Hutapea juga dari cabang Mujawad remaja Putera asal Kecamatan Sipirok.

Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu dalam sambutan diacara penutupan MTQ itu menyampaikan penghargaan dan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusinya bagi kesuksesan penyelenggaraan MTQ tersebut, khususnya kepada masyarakat Muara Siregar Sialagundi-Parau Sorat, Sipirok. 

Bupati juga berharap kiranya masyarakat muslim Tapanuli Selatan secara umum dan Sipirok secara khusus dapat memetik pelajaran positif dari kegiatan religius syarat syiar Islam tersebut.

Kepada yang berhasil juara Bupati juga mengucapkan selamat dan kepada yang belum Bupati berpesan untuk tetap giat berlatih, "Karena itu katanya keberhasilan yang tertunda."

Bagi kepada para pemenang Bupati ingatkan jangan terus berbangga hati namun terus giatkan latihan apalagi mereka duta daerah yang akan bertanding dengan Kabupaten Kota lainnya di MTQN Tingkat Provinsi Sumut 2017.

"Kiranya duta qori qoriah Tapanuli Selatan mampu membawa nama harum daerah dalam lomba MTQ baik tingkat nasional maupun internasional," harapnya.

Acara penutupan MTQ ke-49 Tingkat Kabupaten tersebut ditandai dengan pemukulan bedug oleh Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu seraya ditandai pemadaman lampu pada mimbar tilawah yang diiringi kumandang adzan.

Acara penutupan MTQ tersebut dihadiri Wakil Bupati Tapanuli Selatan Aswin Efendi Siregar, unsur DPRD setempat, unsur Forkopimda, Sekda Tapanuli Selatan Parulian Nasution, Ketua Pengadilan Agama. Kakan Kemenag Tapsel, Ketua MUI Tapsel, Ibu Ketua TP PKK Tapsel, pejabat daerah lainnya, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan ribuan warga masyarakat.(Saut Togi Ritonga)