Kamis, 05 Desember 2019 17:08:00

Sesuai Perintah Gubsu, GAMKI Terjun Bantu Penanganan Bangkai Babi Terinfeksi Hog Kholera

Ketua DPC GAMKI Medan Parulian Tampubolon,SSn bersama tim melakukan kordinasi di lokasi ditemukannya ternak babi terinfeksi virus hog kholera
Medan (Pelita Batak):
Sebagai bentuk perhatian pemerintah provinsi Sumatera Utara terhadap wabah virus hog kholera yang menyerang hewan ternak berkaki empat (babi) di daerah ini, dengan mengajak DPC Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Medan membantu peternak untuk menguburkan bangkai ternaknya.

Hal itu disampaikan Ketua GAMKI Medan Parulian Tampubolon, SSn usai membantu peternak di Desa Marindal 1 Kecamatan Patumbak Kabupaten Deliserdang, Rabu (5/12/2019). Kegiatan yang dilakukan bersama Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Pertanian, Dinas Peternakan dan Kepala Desa setempat.

Dijelaskan Parulian, awalnya ada laporan masyarakat ternaknya mati dan minta bantuan untuk kemana dan bagaimana proses penguburan nya agar tidak mencemari lingkungan. Lalu beberapa ternak yang lain juga dilihat dan diperiksa oleh Dokter hewan dan disarankan untuk disembelih untuk dikuburkan karena sudah terindikasi terinfeksi virus mematikan itu.

"Kita lakukan penjelasan, bahwa dampak yang terjadi jika dibiarkan tetaphidup dan pada akhirnya mati dan virus yang terkandung semakin meluas," ujarnya.

Dengan berat hati, para peternak melepas dan merelakan ternaknya disembelih dan dikuburkan sekaligus dengan menggali lubang di lahan sekitar kandang ternak.

Dijelaskan Parulian, keterlibatan DPC GAMKI Medan dalam penananganan bangkai babi di Medan, Deliserdang dan sekitarnya karena merupakan perintah Gubernur Edy Rahmyadi sebelumnya. "Saat silaturahmi kemarin, kita berdikusi dan pak Gubernur meminta kita terlibat untuk ini. Makanya, kita akan tetap kordinasi dengan dinas terkait, terutama Satpol PP di masing-masing daerah. Hari ini juga kita sudah kordinasi dengan bapak kepala Desa, sehingga kegiatan ini bisa kita laksanakan," katanya.

Warga yang ternaknya mati, di Sumut bisa menghubungi Ketua GAMKI Medan Parulian Tampubolon di nomor 081397330358 atau melalui PelitaBatak.com 081375177725.(TAp)