Selasa, 25 Februari 2020 21:04:00

Semarakkan Wisata Kultural Kawasan Danau Toba, 'Siholta Night' akan Digelar di Medan

Tokoh Masyarakat Dr RE Nainggolan MM, Aldentua Siringoringo dan yang lainnya foto bersama di Medan.
Medan (Pelita Batak):
Dukungan pengembangan pariwisata kawasan danau Toba dari berbagai elemen masyarakat terus berdatangan. Berbagai konsep digali, untuk menopang keindahan panorama danau dari sisi pertunjukan kebudayaan.

Inovasi pertunjukan kebudayaan sebagai wadah edukasi bagi wisatawan, akan dilakukan SIHOLTA : Foto Tradisional dan Pusat Oleh-oleh yang ada di Jl. Siborong-borong-Doloksanggul Km.7 Desa Nagasaribu II, kabupaten Humbanghasundutan. Sebagaimana disampaikan pemilik SIHOLTA, Aldentua Siringoringo saat bertemu dengan tokoh masyarakat Dr RE Nainggolan MM di Medan, Selasa (25/2/2020).

"Kita akan terus berinovasi untuk memberikan edukasi kebudayaan khususnya tentang habatahon kepada warga sekita dan juga wisatawan yang datang ke kawasan danau Toba," ujar Aldentua.

Untuk itulah, pihaknya akan merangkul berbagai stakeholder, seperti ASITA, Kelompok fotografer, Dinas Pariwisata Sumut dan Kabupaten, dan lembaga lain yang saling berkaitan. "Tadi saya juga sudah bertemu Rektor USU, untuk membicarakan rencana kerjasama Etnomusikologi USU dengan SIHOLTA," ujarnya.

SIHOLTA yang kini sudah beroperasi sebagai pusat oleh-oleh khas kawasan Danau Toba, akan terus dikembangkan menjadi pusat fotografi kawasan danau Toba dengan mengatakan tema foto tentang kearifan lokal.

"SIHOLTA kita bangun akan menjadi wadah foto prewedding dengan busana ulos Batak, juga sebagai pusat oleh-oleh khas kawasan danau Toba," ujarnya.

Untuk itu, ivent 'Siholta Night' yang rencananya akan digelar akhir Maret 2020 di Medan, bisa menjadi wadah menyatukan persepsi akan mimpi besar SIHOLTA untuk kawasan danau Toba dari Humbahas.

"Kita mengajak semua pihak berkolaborasi. Bagaimana travel menjadikan SIHOLTA sebagai bagian rute perjalanan, dan ivent pertunjukan kebudayaan akan kita sajikan disana," katanya.

Menanggapi rencana kegiatan tersebut, Tokoh Masyarakat Dr RE Nainggolan MM sangat mengapresiasinya. Menurutnya, segala potensi yang dimiliki putra-putri kawasan danau Toba harus dimanfaatkan untuk pembangunan pariwisata mendukung program pemerintah. Khususnya para perantau yang sudah mumpuni, mestinya memberikan perhatian ke daerah asal (Bona Pasogit).

"Sangat penting, mempromosikan program dan rencana kegiatan pariwisata di kawasan danau Toba. Bukan hanya tugas pemerintah, namun dari sisi masyarakat harus dilakukan. Seperti yang dilakukan tokoh kita, Aldentua Siringoringo, yang terus harus kita dukung," ujarnya. (TAp)