Rabu, 18 Januari 2017 05:19:00

Sebanyak 103 Rumah Rusak di Karo Akibat Gempa, Warga Trauma Tidur di Rumah

Rumah warga di desa Kebayaken Kecamatan Namanteran
Tanah Karo (Pelita Batak): Sebanyak 103 unit rumah di Kecamatan Namanteran dan Simpang Empat Tanah Karo mengalami kerusakan ringan hingga berat akibat gempa yang mengguncang Senin 16 Januari 2017.. 
 
Dandim 0205/TK Letkol Agustatius Sitepu dan Natanail Peranginangin Kabid BPBD Karo Selasa 17 Januari 2017 menyebutkan  sebanyak 11 unit rumah Rusak Berat(RB) di Desa Kebayaken Kecamatan Namanteran. Kemudian sebanyak 103 unit rumah mengalami rusak ringan yang tersebar di 3 kecamatan. Berikutnya sebanyak 3 unit ruangan Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Namanteran rusak ringan, 2 unit Gereja GBKP dan 1 unit Masjid juga mengalami kerusakan. 
 
Tim BPBD beserta relawan yang tergabung berupa meninjau lokasi kerusakan dan mendatanya, kemudian mendirikan tenda serbaguna untuk mengantisipasi terjadinya gempa susulan, memberikan bantuan logistik berupa sembako, tikar, ambal dan tenda dan mendatangkan pihak PLN untuk memperbaiki jaringan listrik yang terganggu sehingga pemadaman dapat diatasi.
 
Wrga masih trauma dan takut tinggal di rumah. Sejak gempa magnitudo 5,6 SR yang berpusat di Deli Serdang menguncang, warga tidur di halaman bahkan di jalan raya desa dengan peralatan seadanya.(R2)