Sabtu, 24 Agustus 2019 14:42:00

Revitalisasi Tugu Usai, Pomparan Oppu Tuan Situmorang Adakan Pesta Syukuran 13 sampai 15 September 2019

Medan (Pelita Batak):
Sebagai bentuk kesatuan hati dari seluruh keturunan (pomparan) Oppu Tuan Situmorang, telah berhasil melakukan revitalisasi tugu nenek moyangnya di Desa Urat, Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir. Untuk itu, akan dilaksanakan acara berupa pesta adat sebagai bentuk ucapan syukur atas kesatuan hati dan perbuatan seluruh keluarga besar.

Pesta Syukuran dengan menggelar Adat Budaya Batak itu akan dilaksanakan pada tanggal 13 sampai 15 September 2019, yang dipusatkan di Desa Urat, Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir.


Acara dikemas sedemikian rupa, selain bisa diikuti dan dinikmati seluruh keturunan Oppu Tuan Situmorang, juga dipersembahkan sebagai bagian pertunjukan bagi wisatawan yang ingin menyaksikan kegiatan budaya tersebut.

Pergelaran Syukuran dan Pesta Adat Budaya Batak Keturunan Oppu Tuan Situmorang ini setiap harinya akan diisi acara menarik dan patut dikunjungi para wisatawan yang akan berkunjung ke Samosir nantinya.

Ketua Panitia Lokal Syukuran Revitalisasi Tugu Oppu Tuan Situmorang melalui Koordinator Seksi Komunikasi, Informasi dan Dokumentarsi Ny. Rohani Situmorang Br. Bakkara diberitakan matalensa.

"Horas warga Samosir serta seluruh keluarga besar keturunan Oppu Tuan Situmorang sedunia. Mensyukuri suksesnya revitalisasi Tugu Oppu Tuan Situmorang di Desa Urat, Palipi, kami akan mengadakan pergelaran Pesta Adat Budaya Batak dari tanggal 13 sampai 15 September 2019 nanti. Ayo bersama kita menghadirinya, karena ini sebuah event yang juga tak kalah menarik bagi para wisatwwan yang sedang berkunjung ke Samosir," ujar Ny. Rohani Situmorang Br. Bakkara yang kesehariannya adalah Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Samosir.

Adapaun acara budaya yang akan ditampilkan setiap harinya adalah.pada hari pertama Jumat, 13 September 2019 diadakan Pesta Rakyat berupa pergelaran lagu-lagu rohani musisi kharismatik Nahum Situmorang serta seluruh lagu-lagu ciptaan keturunan bermarga Situmorang sedunia.

Lalu diikuti Tarian Tumba Massal Anak-anak seluruh pomparan Oppu Tuan Situmorang  dan pembacaan puisi ciptaan budayawan kondang Sitor Situmorang diikuti drama Opung Tuan Situmorang yang dibawakan para generasi muda Oppu Tuan Situmorang.

Ditutup penampilan Tortor Sipitu Ama dan Ritual Adat Batak Patakkok Ogung Sabangunan.

Dan pada hari kedua, Jumat,(13/9/2019) akan diadakan pesta rakyat berupa Aksi Sosial berupa Pengobatan Gratis dan Pembagian Kaca Mata Baca Gratis untuk 300 warga Samosir yang hadir dan ditutup Pesta Adat dan Mangalahat Horbo.

Sedangkan pada hari terakhir,Minggu, (15/9/2019), dilakukan makan bersama yaitu Mangallang Sipitudai yang dihadiri seluruh keturunan keluarga OppuTuan Situmorang.

Bagi para wisatwan, menikmati event seperti ini akan semakin memanjakan menikamati kekayaan budaya batak yang sesungguhnya di alam yang indah dan Pusat Geopark kKaldera Toba.(TAp|ml)