Sabtu, 21 November 2020 16:55:00

Polres dan KPU Humbanghasundutan Gelar Simulasi Pengamanan Pemungutan Suara di TPS

Humbanghasundutan (Pelita Batak):
Menjelang Pilkada Serentak 2020, Polres Humbang Hasundutan dan KPU HH melaksanakan simulasi Pengamanan TPS Operasi Mantap Toba 2020, sekaligus simulasi pemungutan dan penghitungan serta penggunaan sirekap di tingkat TPS dalam pemilihan serentak 2020 di Kab.Humbang Hasundutan, simulasi ini dilakukan tanah lapang Merdeka Doloksanggul pada hari sabtu 21 November 2020.

Acara simulasi tersebut di hadiri oleh Ketua KPU di dampingi anggota Bawaslu, Plt Bupati Humbang Hasundutan Saut Perlindungan Simamora, Kapolres Humbang Hasundutan AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, SH,SIK,MM, dan sejumlah tamu undangan.

Ketua KPU Humbanghasundutan karena Pilkada digelar dimasa pendemi, saat pemungutan suara, juga menerapkan protokol kesehatan. Pada kesempatan itu, diperagakan bagaimana petugas pemungutan suara mengarahkan pemilih mencuci tangan di tempat yang disediakan sebelum masuk TPS.

Petugas kemudian mengecek suhu tubuh pemilih. Ketika petugas menemukan suhu tubuh pemilih lebih dari 37,3 derajat celsius, pemilih tetap bisa menggunakan hak pilihnya.Pemilih itu disediakan tempat khusus dan dijaga petugas. Kemudian ada juga adengan pemungutan suara yang diwarnai aksi unjuk rasa pemilih tidak bawa identitas atau Model C KWK surat pemberitahuan tetapi mengaku warga Kab.HH.Melalui adegan itu Polisi menunjukkan tindakan dan langkah penanganan unjuk rasa yang berjalan damai sampai tidak terjadi anarkis.

Kapolres Humbang Hasundutan AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, SH,DIK,MM mengatakan simulasi pengaman pengamanan TPS dalam rangka mengecek kesiapaiagaan kita nanti pada saat pemungutan suara 9 Desember 2020," ungkapnya.

Kapolres menyebutkan simulasi yang di gelar ini di harapkan dapat memberikan gambaran pengamanan di TPS saat pemungutan suara, terlebih pemungutan suara kali di laksanakan di tengah pendemo Covid 19.

Tentunya ada protokol kesehatan yang harus di patuhi dan itu harus di ketahui oleh petugas pengamanan, sehingga nantinya dapat berjalan dengan lancar," ujarnya.

Kapolres yang  baru  menjabat belum ada satu bulan di Kab.HH, simulasi ini diikuti kurang lebih 60 personel. AKBP Ronny simulasi pada hari ini juga dihadiri beberapa eleman masyarakat tokoh adat , mengajak kepada semua masyarakat Kab.Humbang Hasundutan supaya tetap ikut menjaga ketertiban untuk suksesnya pilkada di Kab.HH, Dan jangan cepat terprovokasi oleh kepentingan tertentu.(Rikjon Simanullang)