Rabu, 05 September 2018 05:12:00

Polres Padangsidimpuan Ringkus Belasan Preman dan Pelaku Pungli

Preman yang diamankan polisi

P.Sidimpuan (Pelita Batak) : Belasan preman diamankan jajaran Polres Padangsidimpuan dari sejumlah lokasi dalam aksi razia premanisme, Selasa 4 September 2018 yang di mulai sekira pukul 13:00 Wib.

Para preman yang rata-rata masih berusia muda ini dianggap telah meresahkan masyarakat dengan sejumlah tindakan premanisme. 

Mereka kebanyakan diciduk polisi di Terminal Batunadua, Pijor koling dan terminal Hutaimbaru, kemudian di Pasar Sagumpal Bonang polisi mengamankan sejumlah Anak Punk. 

Dalam razia yang digelar ini, langsung di pimpin Kapolres Kota Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya, sempat terjadi aksi saling kejar kejaran antara orang yang dicurigai sebagai preman dengan aparat kepolisian.

Para preman yang berhasil diamankan akhirnya digelandang ke Mako polres Kota Padangsidimpuan untuk didata dan diproses, tidak sampai disitu polisi juga mengamankan beberapa orang yang mengaku yang di pekerjakan pihak dinas perhubungan Kota Padangsidimpuan untuk mengutip sejumlah uang dari supir ketika hendak masuk terminal, semua pelaku dan barang bukti sudah berada di polres Padangsidimpuan.

Kapolres Kota Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya S.IK.MH mengatakan, para preman yang tertangkap tangan dengan kasus Judi didalam terminal akan dijerat pasal 303 KUHP, sementara orang yang melakukan Pungli didalam Terminal akan diberi pembinaan dan bimbingan.

Disebutkan, razia preman ini merupakan instruksi langsung dari Kapolda Sumatera Utara dan akan melanjutkannya secara intensif. 

"Sebelum ini Polres Padangsidimpuan sudah rutin melakukan operasi preman di sekitar pasar dan terminal yang melakukan pungutan liar, pihaknya akan melakukan tindakan tegas. Pihak terminal dan pihak pasar akan Kami panggil terkait banyaknya laporan masyarakat terkait maraknya pungli di titik pasar dan terminal," ujar Kapolres.(Saut Togi Ritonga)