Senin, 28 Oktober 2019 08:58:00

Persiapkan SDM Unggul Hadapi Isu Global, UHN Medan Target Capai World Class University

Rektor Universitas HKBP Nommensen Dr Haposan Siallagan SH,MH
Medan (Pelita Batak):
Universitas HKBP Nommensen (UHN) merupakan Perguruan Tinggi Swasta yang dikelola oleh Yayasan Universitas HKBP Nommensen saat ini memiliki 10 Fakultas dan 1 Program Pascasarjana, 25 Program Studi Strata 1, 1 Program Studi D3 serta 4 Program Studi Pascasarjana dan mempunyai motto Pro Deo Et Patria (untuk Tuhan dan Ibu Pertiwi). Nommensen telah terus menerus meningkatkan kualitasnya melalui penyelenggaraan pendidikan yang relevan, bermutu dan inspiratif dan melalui pertumbuhan secara berkelanjutan. Visi UHN adalah "Menjadi universitas terkemuka di Asia Tenggara dalam pelaksanaan Tridarma  Perguruan Tinggi berlandaskan kasih untuk Tuhan  dan Ibu Pertiwi (Pro  Deo  et Patria) pada tahun 2033". Untuk mewujudkan visi tersebut, UHN telah dan sedang melakukan berbagai terobosan mendasar.

Sejak awal tahun 2019, UHN telah memulai era baru yakni masuk ke pasar global yang disemangati oleh tantangan dan peluang Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA. "Nommensen harus mampu bersaing di pasar global agar tidak menjadi pecundang. Untuk itulah kami mencanangkan misi 'World Class University'," kata Rektor Universitas HKBP Nommensen Dr Haposan Siallagan,SH.,MH dalam sambutannya pada wisuda periode ke-II UHN 2019 Medan yang berjumlah 1.880 orang di Gedung Selecta, Jumat-Sabtu (25-26/10/2019).

Untuk itu UHN terus berusaha untuk mencapai persyaratan  minimal "World Class University" yaitu minimal 40% dosen berkualifikasi S3 yang mana saat ini total dosen yang sudah S3 dan yang sedang studi S3 ada sejumlah 40%, publikasi internasional minimal dua paper per dosen per tahun, jumlah mahasiswa pasca sarjana ada sebanyak 40% dari total mahasiswa, anggaran riset sejumlah minimal US$ 1300 per dosen per lima tahun, jumlah mahasiswa asing minimal 20% dan kecepatan akses jaringan minimal 10 kB per mahasiswa dimana saat ini rata-rata kecepatan akses yang ada sebesar 8 kB per mahasiswa.

Dewasa ini Indonesia dihadapkan pada tantangan dan persaingan global pasar tenaga kerja regional internasional yang semakin  terbuka. Dampak globalisasi membuat negara-negara berkembang (New Emerging And Developing Countries) merasa harus menyetarakan kualitas dirinya sejajar dengan negara-negara maju dilihat dari Human Development Index (HDI), Program for International Student Assessment (PISA), dan lainnya.

Pada posisi ini, UHN sebagai universitas swasta di Sumatera Utara, dituntut untuk berupaya menjadi berkelas dunia agar dapat bersaing dengan kampus-kampus kelas dunia dan sekaligus menghasilkan lulusan yang juga dapat bersaing dengan lulusan dari negara-negara maju di dunia internasional.

"Dengan World Class University mampu mendorong pihak  kampus  untuk mempersiapkan mahasiswa untuk bersaing dalam ranah global. Mereka dipersiapkan secara matang untuk menghadapi isu tersebut," ujar Rektor.

Tantangan lain adalah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era globalisasi, teknologi digital dan era disrupsi, menuntut perguruan tinggi untuk lebih aktif dan kreatif serta melakukan inovasi dalam meningkatkan mutu pendidikan, yang saat ini kita menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 atau disebut juga Era Digital atau  Era Distrupsi. Prinsip dasar industri 4.0 adalah penggabungan mesin, alur kerja, dan sistem, dengan menerapkan jaringan cerdas di sepanjang rantai dan proses produksi  untuk mengendalikan satu sama lain secara mandiri.

Universitas dianggap sebagai pusat dari semua sistem akademis dan sangat penting untuk membangun daya saing negara dalam ekonomi ilmu pengetahuan dunia. Ada 3 (tiga) faktor yang saling melengkapi: (1) tingginya pemusatan bakat (baik para pengajar dan juga para mahasiswanya); (2) berlimpahnya sumber daya untuk memperkaya lingkungan belajar dan mendukung penelitian yang canggih; dan (3) kemudahandan dukungan dari pemerintah yang memacu hadirnya kepemimpinan, visi yang strategis, inovasi dan fleksibilitas yang membuat lembaga-lembaga dapat mengambil keputusan dan mengelola sumber daya tanpa dibebani oleh birokrasi. Interaksi dinamis di antara tiga faktor keunggulan tersebutlah yang membedakan universitas riset terkemuka di dunia dengan yang lainnya.

Dijelaskan Rektor, salah satu kunci keberhasilan upaya peningkatan mutu pendidikan tinggi adalah melalui upaya menyediakan seluruh elemen yang mendukung penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas dan sesuai standard yang tertuang dalam Undang-undang No.12 tahun 2012, Permenristek Dikti No. 44 Tahun 2015 dan No. 62 tahun 2016, serta penyelenggaraan pendidikan tidak lagi berbasis pada input-proses-output  tetapi harus berlanjut berbasis outcomes. Selanjutnya upaya strategis terpenting dalam membangun UHN sebagai Perguruan Tinggi Swasta yang menghasilkan lulusan berdaya saing Internasional, bermartabat, berjiwa kepeloporan  dan  berkarakter  sebagai PTS dari Teaching University menuju Research University harus bertumpu pada 4 pilar utama yakni; 1) Peningkatan Kualitas Akademik, Non Akademik, 2) Peningkatan Kualitas Pengelolaan Sumber daya, 3) Peningkatan Kualitas Mahasiswa, Alumni dan Promosi serta 4) Peningkatan Kualitas Organisasi dan Penjaminan Mutu.

Merujuk pada Visi, Misi, dan Tujuan UHN yang berfokus pada ketercapaian capaian pembelajaran, lulusan, ketercapaian visi, misi, dan tujuan tersebut, maka UHN ini  perlu memiliki nilai-nilai bersama (UHN Values Share) dengan prinsip utama terangkum dalan satu kata IN HARMONI (Institution Nommensen (UHN) must be:  Humble, Agile,  Respect, Motivated, Outstanding school, Nation, Integrity) yang merupakan Interpretasi dari wujud "Pro Deo et Patria" Bagi Tuhan dan Ibu Pertiwi, dalam kehidupan sivitas akademika UHN dilandasi semangat berjuang dan berkarya. Untuk itu peran serta segenap warga sivitas akademika sangat diharapkan, dengan kata lain tanggung jawab bukan terletak pada pundak Rektor semata namun pada pundak segenap warga kampus UHN. Dapat dipahami (a.) Pemimpin dan civitas akademika UHN harus rendah hati dan lincah/trengginas (Humble dan Agile); (b) Memberikan Kesempatan kepada orang Lain (Respected); (c.) Bekerja dengan Berbekal Iman dan Ilmu (Motivated); (d) Dalam Bekerja Hendaknya Membuat Perencanaan Tertentu untuk mencapai tujuan utama UHN sebagai perguruan tinggi kelas dunia (Outstanding dan Nation); dan (e) Mematuhi Aturan yang Berlaku (Integrity)

Penciri UHKBPN menuju universitas kelas dunia adalah melekatnya nilai-nilai agama pada semua aspek dalam perencanaan manajemen. Harmonisasi finansial terhadapat sumber daya untuk belajar untuk ditopang oleh integrasi nilai-nilai agama dalam semua aspek perencanaan manajemen UHN, menyeimbangkan antara faktor internal (karyawan dan organisasi) dengan eksternal (pemilik dan pelanggan), antara indikator kinerja keuangan (perspektif pemilik) dengan kinerja non-keuangan, yaitu: pelanggan (perspektif pelanggan) serta proses bisnis internal dan pembelajaran dan pertumbuhan (perspektif karyawan dan organisasi), antara pemicu kinerja dengan hasil yang diperoleh, antara faktor kuantitatif dengan kualitatif, antara jangka pendek (operasional) dan jangka panjang (visi dan misi).

Kemajuan lain yang tak kalah pentingnya, lanjut Rektor, adalah perbaikan kurikulum  menjadi Kurikulum Kerangka Nasional Indonesia yang diterapkan sejak TA 2016/2017, pembentukan kantor urusan internasional ditingkat universitas dan fakultas, diversifikasi sumber-sumber pembiayaan anggaran, pembenahan laboratorium, pembentukan  suasana kampus  yang semakin aman dan kondusif, dan peningkatan efektivitas dan efisiensi anggaran yang berbasis program studi dalam kerangka akreditasi. Pada tahun akademik 2018/2019 ini telah dibentuk Pusat Sistem Inovasi sehingga akan mendorong dosen dan mahasiswa untuk berkolaborasi dengan industry dan perusahaan sebagaimana Program Becak Listrik kerjasama antara UHN dan PLN Wilayah I yang sedang berjalan saat ini. Mulai semester Genap 2018/2019, UHN mulai melaksanakan Pembelajaran Daring  berbasis e-learning dengan sistem blended learning menggunakan applikasi Google Classroom dengan tujuan agar proses perkuliahan dapat berjalan interaktif dan lebih melek teknologi. Pada tahun 2019 ini UHN akan menggiatkan publikasi ilmiah baik ditingkat nasional maupun internasional dengan mengadakan Open Jurnal System pada  setiap  Program Studi dan melaksanakan tiga konferensi berskala international yang terindeks di Scopus. Hal ini sebagai salah satu upaya dari UHN untuk mewujudkan upaya menuju World Class University.(TAp|*)