Sabtu, 23 Mei 2020 06:44:00

Perkuat Kegiatan Akademik, UHN Medan Ikut Serta dalam Penelitian bersama 2 Universitas Internasional

Medan (Pelita Batak):
Universitas HKBP Nommensen Medan (UHN Medan) bersama Smart Manufacturing Research Institute (SMRI) UiTM Shah Alam Malaysia di bawah pimpinan Prof. Yupiter H.P Manurung kembali melakukan kegiatan kerja sama Penelitian dan Akademik yang diselenggarakan oleh Chemnitz University of Technology German (TU Chemnitz) selama 2 tahun kedepan. 

Program studi teknik Fakultas Teknik Mesin Universitas HKBP Nommensen kembali mendapat kepercayaan untuk mengikuti kegiatan Research Coorporation dalam kegiatan 'Internasional Mobility Grant for Research and Academic from German Academic  Exchange Service' yang diselenggarakan oleh Chemnitz University of Technology Germany (TU Chemnitz) dengan project “Future Technology Additive Manufacturing” di bawah naungan Professorship of Virtual Production Engineering- TU Chemnitz.

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan pada tahun sebelumnya yang sudah terselenggara yaitu pada bulan Juni-Juli 2019. Adapun dosen dan mahasiswa Universitas HKBP Nommensen yang ikut serta dalam penelitian ini adalah Charles SP Manurung, S.T., M.T dan Septiani Maranatha Silitonga (mahasiswa Prodi Teknik Mesin).

Untuk tahun ini, kegiatan yang sama seharusnya berlangsung di bulan Mei hingga Juni 2020, namun tertunda akibat pandemic covid-19 yang sedang mewabah. Oleh karena itu, kegiatan ini rencananya akan dilakukan pada bulan September- Oktober 2020 mendatang. 

Sebelumnya, baik dosen maupun mahasiswa yang bersangkutan telah mengikuti persiapan pada bulan Januari 2020 di University Teknologi MARA (UiTM) Malaysia. 

Kegiatan  penelitian ini difokuskan pada Finite Element Method (FEM) dalam menghasilkan teknik manufaktur dalam hal pengelasan melalui pendekatan matematik dan penggunaan algoritma dalam implementasi formula perpindahan panas yang terjadi pada proses pengelasan baja. 
Kegiatan ini berhasil mengharumkan nama Universitas HKBP Nommensen. Diharapkan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan UHN Medan telah mendapat tempat untuk periode ke-3 pada tahun 2021 mendatang. Salam Pro Deo Et Patria.(*)