Kamis, 12 Desember 2019 10:31:00

Peresmian Sopo Parguruan Desa Motung

Toba (Pelita Batak):
Sopo Parguruan berarti rumah belajar dalam bahasa Batak. Bentuknya menyerupai pendopo dengan berbagai ornamen Gorga khas Batak. Sopo dalam etnis batak merupakan tempat pertemuan atau musyawarah warga kampung, tempat menerima tamu dan lainnya.

Sopo itu terletak di Desa Motung, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir. Di dalam Sopo tersedia berbagai fasilitas, Mulai buku hingga alat musik etnis Batak yang bisa dimanfaatkan oleh muda-mudi desa.Motung adalah salah satu desa yang berbatasan dengan zona otorita pariwisata Toba selain dua desa lainnya, Sibisa dan Sigapiton.

Rumah belajar ini nantinya akan dimanfaatkan oleh anak-anak masyarakat mendapatkan pengetahuan tambahan selain dari sekolah. Bahkan, Bupati Toba Samosir Darwin Siagian meminta supaya guru bahasa Inggris didatangkan ke Sopo Parguruan.

Pembangunan Sopo Parguruan ini sendiri sudah disepakati oleh Raja Bius Siopat Marga. Masyarakat adat yang mendiami Motung sejak dahulu.

Peresmiannya berlangsung sakral. Karena dilakukan dengan acara adat setempat. Para Raja Bius Siopat Marga berkumpul dan bermusyawarah. Kemudian dilanjut dengan makan bersama serta tarian tor tor.

Seluruh warga ikut menari. Merayakan suka cita dengan terbangunnya fasilitas di Desa Motung. Ritual adat seperti ini biasa dilakukan dalam etnis batak.

Pembangunan Sopo itu juga disambut baik. Warga Motung akan memanfaatkan Sopo Parguruan untuk tempat belajar anak-anak mereka. Sebelumnya Badan Otorita Pariwisata Danau Toba (BOPDT) membantu pembangunan Sopo Parguruan ini dan membantu dalam memfasilitasi bagian dalam Sopo seperti buku, alat musik dan lain sebagainya.(@otorita.danautoba)