Senin, 05 Juni 2017 08:39:00

Pemko Padangsidimpuan Dinilai Abaikan Surat Edaran Mendagri dan Mensesneg Terkait Upacara Harlah Pancasila

Surat edaran
Padangsidimpuan (Pelita Batak) : Sikap Pemko Padangsidimpuan yang tidak menyelenggarakan upacara peringatan hari kelahiran pancasila pada 1 Juni yang lalu masih menjadi pergunjingan di masyarakat.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Padangsidimpuan Rudy Hermanto ketika dikonfirmasi wartawan via seluler, Sabtu 3 Juni 2017 menilaian pemko itu sudah mengabaikan surat edaran Menteri Dalam Negeri nomor 003.1/2256/SJ dan Menteri Sekretaris Negara Nomor B.437/M.Ses/Set/TU.00.04/05/2017 tanggal 18 Mei 2017 tentang penyelenggaraa  upacara bendera peringatan hari lahir pancasila tahun 2017.

" Saya menilai, mereka (Pemko Padangsidimpuan) mengabaikan ajuran pemerintah pusat itu, karena tidak menggelar upacara hari lahir Pancasila itu," ujar Rudi via SMS.

Lebih lanjut Rudi mengatakan, surat edaran tersebut di distribusikan pemerintah pusat termasuk juga kepada Gubernur, Bupati dan Walikota seluruh Indonesia. 

"Saya melihat niat Pemko Padangsidimpuan untuk melaksanakan upacara hari lahir Pancasila tidak ada. Itu tidak mendadak, karena jauh sebelumnya, surat edaran itu sudah disampaikan kepada pemerintah daerah di seluruh Indonesia,"tandasnya.

Sementara itu, sesuai data yang peroleh wartawan bahwa surat Menteri Sekretaris Negara selalu Ketua Panitia Negara Penyelenggaraan Hari Hari Nasional  juga menyampaikan teks pidato presiden, thema, logo, dan panduan upacara.

Sedangkan peringatan Hari Lahir Pancasila merupakan amanah dari Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 tanggal 1 Juni 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.(Saut Togi Ritonga)