Sabtu, 12 November 2016 05:38:00

Pagi Ini SMK-I GKPI Pematangsiantar Kembali Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Penyuluhan Media Sosial

Kepala Sekolah SMK-I GKPI Pematangsiantar T Hotlion Sihombing, S.Si MM
Siantar(Pelita Batak): SMK-I GKPI Pematangsiantar kembali akan menggelar pelatihan jurnalistik dasar dan penyuluhan penggunaan media sosial secara sehat bagi siswa-siswinya, pagi ini, Sabtu 12 November 2016. Acara ini lanjutan dari kegiatan serupa yang digelar, Jumat kemarin 11 November 2016. Dua narasumber diundang, yakni Besti Rohana Simbolon SSos Msi, dosen Komunikasi Universitas Darma Agung (UDA) Medan dan Bantors Sihombing SSos MSi, seorang penulis di media cetak, media online dan media sosial, yang juga akademisi di Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung (APP-DA) Medan.
 
Kepala Sekolah SMK-I GKPI Pematangsiantar T Hotlion Sihombing, S.Si MM mengatakan kegiatan pelatihan dan penyuluhan tersebut bertujuan memperkenalkan dunia wartawan, bagaimana menulis berita serta memberi panduan bagaimana menjadi netizen yang baik di media sosial. "Siswa sebagai generasi muda harus diarahkan bagaimana menulis, sebagai ini ketrampilan yang sangat dibutuhkan, jika ingin sukses,"ujarnya.
 
Begitu juga dengan penggunaan media sosial, sudah banyak yang terjerat melakukan ujaran kebencian sehingga terjerat masalah hukum. UU ITE pun bisa menyeret pengguna media sosial ke penjara. "Siswa harus paham konsekwensi berselancar di media sosial. Jadi penyuluhan ini agar medsos digunakan secara bijak,"tegasnya.
 
Besti Rohana Simbolon menyebutkan pelatihan dan penyuluhan ini merupakan bagian dari pengabdian masyarakat yang dilakukannya sebagai dosen. Ini sesuai dengan tridarma perguruan tinggi, yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian masyarakat. "Setiap dosen selain kompeten mengajar, tentu saja aktif meneliti serta proaktif melakukan pengabdian masyarakat sesuai bidang keilmuan masing-masing,"tuturnya.(R2)