Rabu, 21 September 2016 12:11:00

Oknum Polantas Peras Pengendara, Kemana Warga Melapor

Jalinsum (Pelita Batak) :
Ada saja ulah oknum Polisi yang mencoreng marwah dinasnya. Seperti oknum Polisi Lalu Lintas (Polantas) yang terekam video warga melakukan pungutan liar (pungli), diperiksa Bidang Propam Polda Sumatera Utara (Sumut). Dalam video berdurasi 1 menit 45 detik itu terlihat polisi berkacamata hitam sedang tawar-menawar dengan pengendara yang diduga melanggar lalu lintas.

Kisah dalam video mengisyaratkan terjadinya pemerasan oleh polantas agar pengendara tidak ditilang. Pengendara yang takut ditilang pun menerima tawaran polantas yang belum diketahui identitasnya tersebut.

Aksi dugaan pungli tersebut terekam dalam video amatir seorang pengendara ketika dimintai uang oleh seorang polisi usai terjaring razia di Jalur Lintas Sumatera (Jalinsum), Kabupaten Labuhanbatu.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Rina Sari Ginting, mengatakan saat ini mereka tengah diperiksa Propam Polda Sumut. Dia membenarkan kalau oknum polisi yang terekam video melakukan pungli kepada pengendara merupakan anggota Polres Labuhan Batu.

“Keempatnya angota Polres Labuhan Batu, saat ini mereka sedang diperiksa Propam Polda Sumut terkait hal itu,” jelas Kombes Rina diberitakan Okezone, Rabu (21/9/2016).

Para personel kepolisian diimbau di mana pun ditugaskan, kiranya bekerja secara profesional dilarang meminta sesuatu kepada warga apalagi melakukan pungli. Pihaknya menyesalkan perlakuan empat oknum aparat di lapangan yang terbukti melakukan pungli. Dia meminta kepada masyarakat agar melaporkan tindakan yang mencurigakan aparat kepolisian.

"Kepada masyarakat agar melaporkan segala kecurangan yang dilakukan anggota kepolisan. Polda (Sumut) akan menindaknya," tegasnya.

Video amatir itu diunggah warga berinisial SA. Pada video tersebut terlihat seorang oknum anggota Polisi Lalu Lintas (Polantas) Polres Labuhan Batu sampai merogoh kantong pengendara saat melakukan perbuatan yang diduga pungutan liar (pungli).

Aksi itu terekam dalam video amatir seorang pengandara ketika terjaring razia di jalur lintas Sumatera yang masuk wilayah hukum Polres Labuhan Batu. Dalam video tersebut terlihat seorang oknum polisi berseragam lengkap dengan tulisan Patwal di lengannya sedang meminta uang sambil melakukan tawar-menawar dengan pengendara.

Polantas yang mengenakan kacamata hitam tu bertanya, “jadi kau macem mana?” katanya sambil memeriksa kantong seorang pengendara yang terjaring razia.

Mereka berdua berdiri di belakang kendaraan bak terbuka yang sepertinya mobil patroli kepolisian. Tidak sanggup memberikan uang yang diminta pria itu hanya bisa mengeluarkan uang recehan dari kantongnya.

“Cuma segitu kami ada pak, Rp50 ribu,” kata SA yang mereka video.

"Mana dapat segitu, ditilang kamu nanti kalau cuma segitu. Mana dapat segitu, terus terang saya bilang. Sudah 80 (ribu), biar cepat bapak berangkat, ngapai lama-lama disini," jawab polantas berkacamata hitam.

Setelah melakukan negosiasi dengan dua pengendara yang melanggar laulintas, akhirnya polantas tersebut mengembalikan dokumen yang terlihat seperti surat tanda nomor kendaraan (STNK).

Pria yang mengenakan setelan kaos warna putih itu pun kemudian berlalu setelah menyelesaikan urusannya dengan oknum polisi tersebut. Hingga saat ini, polantas berkacamata hitam bersama tiga orang rekannya masih diperiksa Propam di Mapolda Sumut, Kota Medan. (Okz/TAp)