Jumat, 18 Agustus 2017 19:10:00

NHU Goes International untuk Mengisi Kemerdekaan

Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau Menjadi Inspektur Upacara Saat Perayaan HUT RI ke- 72 di Lapangan UHN Medan yang Diikuti mahasiswa, pegawai, dosen dan Fungsionaris UHN
Medan (Pelita Bata) :
Tagline Nommensen HKBP University Goes International (NHU Goes International) adalah salah satu upaya Universitas HKBP Nommensen untuk mengisi kemerdekaan bagi bangsa ini dari sisi layanan pendidikan tinggi sebagai upaya untuk membangun derajat bangsa ini.

Demikian disampaikan Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau usai membacakan pidato Gubernur Sumatera Utara Ir. Tengku Erry Nuradi, M.Si pada upacara peringatan kemerdekaan RI ke-72 di Lapangan UHN bersama keluarga besar UHN dari semua Prodi dan Fakultas, Kamis (17/08/2017).

Rektor juga mengatakan, UHN saat ini terus berupaya dan mendorong bagaimana layanan mutu pendidikan semakin bagus. UHN menyadari sepenuhnya fungsi utama pendidikan itu adalah untuk membangun karakter, membangun integritas, mendorong revolusi berpikir, mendorong pengembangan IPTEK dan ini semua merupakan modal utama untuk pembangunan bangsa.

Pendiri bangsa ini punya tujuan yang sangat mulia untuk bangsa ini, mereka menginginkan sebuah negara supaya kelak para penerusnya punya kualitas hidup yang lebih baik.

Untuk itu, lanjut Rektor, pendidikan yang bermutu merupakan sebuah jaminan untuk bisa menggapai dan meraih kemajuan. Inilah cara yang paling ampuh untuk mengisi kemerdekaan bangsa ini. Kemiskinan, kebodohan, dan keterbelakangan dalam banyak hal merupakan dampak dari tata kelola pendidikan yang tidak bagus dan tepat.

Untuk itu, harus diupayakan dengan segala cara untuk memajukan dunia pendidikan.  UHN merupakan kampus yang sangat peduli pada bangsa ini. UHN akan terus melakukan tata kelola pendidikan tinggi yang mampu menjawab kebutuhan bangsa ini agar bangsa kita merupakan bangsa yang sejajar dan punyaa martabat di dunia internasional.

Rektor UHN juga mengatakan progress "NHU Goes International" dengan menegaskan bahwa sejak awal tahun 2015, UHN telah memulai era baru yakni masuk ke pasar global yang disemangat oleh tantangan dan peluang Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA. 
Nommensen harus mampu bersaing di pasar global agar tidak menjadi pecundang. Untuk itulah kami mencanangkan misi "NHU goes international" yang dilaksanakan melalui 8 program yakni (1) pengakuan internasional kepada  alumni dalam bentuk belajar di luar negeri dan bekerja di luar negeri, (2) layanan dengan mutu kelas dunia, (3) kuliah internasional, (4) publikasi ilmiah internasional, (5) program studi campuran internasional, (6) pertukaran dosen internasional, (7) pertukaran mahasiswa internasional, dan (8) dua-gelar internasional.

Berbagai hasil telah kita capai antara lain, sejak 1 April 2015 Nommensen telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan 27 Universitas terkemuka di  Cheko, Amerika Serikat, Taiwan, Thailand, Jepang dan Korea Selatan dan Malaysia. 

"Kita harapkan bangsa ini bisa sejajar dengan bangsa lain melalui layanan pendidikan yang bermutu. Saat ini UHN sangat menyadari bahwa untuk mendorong martabat bangsa hanya dengan pendidikan yang bermutulah dan berkelas internasional sebagai sebuah panggilan untuk mengisi kemerdekaan," kata Rektor.

Untuk itulah, jangan ragu kuliah di UHN, tegas Rektor menambahkan lagi. Upacara HUT ke 72 RI ini dihadiri oleh semua dosen, Kaprodi, Wakil Dekan, Dekan dan Wakil Rektor. Berbagai acara perlombaan  ditampilkan dan menambah hikmat perayaan HUT NKRI ke 72 di Lapangan UHN.(TAp|rel)