Sabtu, 05 Januari 2019 06:57:00

Muara Cocok Menjadi Gerbang Utama Kawasan Pariwisata Danau Toba

Lembah Muara dilihat dari Sipinsur
Oleh: Djalan Sihombing SH

Sejak diterbitkannya Peraturan Presiden RI Nomor 49 Tahun 2016 Tentang Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba tertanggal 01 Juni 2016 yang diundangkan dan berlaku sejak 13 Juni 2016, sampai saat ini belum ada Gerbang Utama menuju Kawasan Pariwisata Danau Toba.

Pada umumnya, setiap tempat pariwisata selalu ada gerbang utama. Perkampungan di sekitar Kawasan Danau Toba juga ada gerbangnya. 

Dilihat dari letak geografis dan jarak tempuh, yang didukung dengan Bandara Internasional Silangit, maka kota  Muara di pinggir Danau Toba cocok menjadi Gerbang Utama. Dari Gerbang Utama Muara ini, menuju Kecamatan Nainggolan di Pulau Samosir Kabupaten Samosir.

Dari segi jarak, sekitar 18 km dari Bandara Internasional Silangit. Jalan menuju Muara diapit dua lokasi pariwisata Hitaginjang di Kecamatan Muara Tapanuli Utara dan Sipinsur di Kecamatan Paranginan Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

Selain itu, jalan menuju Muara masih mudah dikembangkan dan tidak macet. Dari Muara bisa menuju Bakara dan Tipang maupun ke Janjiraja. Dari Janjiraja bisa menuju Kecamatan Harian dan masuk ke Pangururan.

Antara pinggir Danau Muara dan Bakara sudah ada jalan naik ke atas dari Binanga Rihit menuju Panoguan Solu Kecamatan Lintongnihuta Humbahas. 

Dari lembah Bakara bisa naik menuju Doloksanggul Humbahas. Jalan dari Muara ke Lumban Silintong Kabupaten Tobasa juga sudah ada.(*)