Senin, 22 Februari 2021 12:48:00

Matangkan Konsep MoU, Dewan Pakar DPW KMDT Bertemu Ketua DPRD Sumut

Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting foto bersama dengan Wakil Ketum KMDT Enni Martalena Pasaribu SH MH MKn CRA para dewan pakar dan Panitia FGD dan Pelantikan DPW KMDT Sumut
Medan (Pelita Batak):
Dewan Pakar DPW Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) membahas konsep nota kesepahaman dengan DPRD Sumut dalam rangka  mendukung percepatan pembangunan pariwisata kawasan danau Toba. Penandatanganan MoU akan dilaksanakan saat pelaksanaan FGD sekaligus pelantikan kepengurusan DPW KMDT Sumut periode 2021-2016 pada 04 Maret 2021 yang akan dilaksanakan di Deli Room Hotel Danau Toba Internasional Medan.

Seperti dikatakan Dewan Pakar DPW KMDT Sumut Prof Dr Binsar Manurung MSi, dukungan dari lembaga legislatif untuk program-program yang telah diagendakan DPP KMDT dibawah kepemimpinan Ketua Umum St Edison Manurung akan lebih maksimal. "Kami sangat berharap, dengan adanya MoU nantinya, program kerja KMDT dalam upaya mendorong percepatan pengembangan kawasan danau Toba akan bisa terwujud," katanya.

Pertemuan yang dipimpin Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting itu hadir Wakil Ketua Umum DPP KMDT Enni Martalena Pasaribu SH MH MKn CRA, Ketua panitia FGD dan Pelantikan Syafitra Elizabeth Tambunan, Sekretaris Axel Sumbayang, para Dewan Pakar Prof Robert Tua Siregar, Marzuki Sinambela, Janner Simarmata, ME Girsang, Prof Dr Binsar Manurung,MSi, Wakil Ketua Dr Ir Charloq Nababan, Sutrisno. Pertemuan berlangsung di ruang rapat pimpinan DPRD Sumut, Senin (22/2/2021).

Untuk itulah, harap Prof Dr Binsar Manurung dengan adanya MoU nantinya dukungan DPRD Sumut akan semakin nyata. Sebab pengembangan kawasan danau Toba dengan status sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dan masuk salah satu program Super Prioritas dan juga sebagai kawasan Global Geopark yang menjadi jaringan UNESCO, harus mendapat dukungan dari semua pihak khususnya lembaga-lembaga yang berkaitan seperti DPRD, pemerintah daerah, dan lembaga-lembaga lainnya.

Usai pertemuan, Wakil Ketua Umum DPP KMDT Enni Martalena Pasaribu SH MH MKn CRA mengatakan tujuan pertemuan dengan pucuk pimpinan DPRD Sumut adalah untuk pematangan konsep MoU antara KMDT dengan DPRD Sumut nantinya. Disebutkannya, konsep MoU telah dirumuskan para dewan pakar dengan berkoordinasi dengan bagian hukum DPRD Sumut. "Tentu intinya untuk memperkuat posisi kita dengan dukungan DPRD Sumut dengan kebijakan-kebijakan yang akan dibuat melalui peraturan daerah demi mewujudkan percepatan pembangunan kawasan danau Toba," katanya.

Kemudian ditambahkan Ketua Panitia FGD dan Pelantikan Syafitra Elizabeth Tambunan pelaksanaan FGD dilakukan dengan dua cara yaitu virtual dan offline. Acara FGD akan dibuka Ketua MPR Bambang Soesatyo, dan dihadiri sejumlah kementerian terkait diantarnya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Gubernur Sumut, Para bupati sekawasan danau Toba, dan tokoh-tokoh lainnya.

"Untuk itu hari ini, kita juga meminta kesediaan Bapak Ketua DPRD Sumut untuk turut hadir dan memberikan sambutan pada acara FGD nantinya," ujarnya. Dikatakan Syafitra FGD dilaksanakan dengan tema "Percepatan Destinasi Pariwisata dan UMKM Ekonomi Kreatif". (TAp)