Kamis, 05 Januari 2017 11:33:00

Masjid Ikhlasiyah Diresmikan, Diharapkan Jadi Lokasi Favorit

Wakil Wali Kota Medan Ir Akhyar Nasution sata menandatangani prasasti peresmian masjid

Medan (Pelita Batak) :
Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar nasution MSi meresmikan Masjid Ikhlasiyah  di Jalan Amal Luhur, Kelurahan Dwi Kora, Kecamatan Medan Helvetia yang baru selesai direnovasi, Jumat (30/12/2016). Selain tempat shalat berjemaah lima waktu, diharapkan masjid yang baru diresmikan ini sebagai pusat kegiatan keagamaan maupun pusat keragaman aktifitas lainnya.

Menurut Akhyar, Rasullah dan para ulama menjadikan masjid sebagai lokasi favorit untuk berkumpul sekaligus mercu suar yang mampu menerangi jalan umat di sekitarnya. Walaupun dahulu masjid belum menggunakan sound system untuk menyerukan panggilan adzan, namun bilang Akhyar, masjid selalu dipenuhi umat Muslim untuk beraibadah setiap shalat lima waktu tiba.

Namun saat ini papar Akhyar, harus diakui pamor masjid sebagai tempat berkumpul umat Islam mulai tergantikan. Umat Islam saat ini bilangnya, lebih senang berkumpul di plaza, mall bahkan kedai-kedai kopi yang menjamur di Kota Medan. Bahkan setiap waktu shalat tiba, umat Muslim masih banyak yang sibuk memilah dan memilih barang-barang diskon di plaza maupun mall yang kini kian banyak berdiri megah di Kota Medan.

"Ini merupakan pekerjaan rumah untuk para pengurus masjid dan untuk umat Islama seluruhnya. Hidupkanlah masjid-masjid kita, jangan biarkan  masjid hanya besar bangunannya namun kecil fungsinya. Buatkah kegiatan positif yang mampu menarik kian banyak umat untuk melangkahkan kakinya ke rumah Allah yang mulia ini. Jika masjid mampu kita makmurkan, insya Allah keridhaanm Allah akan menaungi masyarakat Muslim sekitar masjid,” ungkapnya.

Untuk itulah melalui peresmian masjid ini, Akhyar berharap menjadi peresmian kecintaan terhadap masjid demi kepentingan umat Islam di masa depan. “Mulai saat ini didiklah diri kita dan anak cucu kita untuk selalu mencintai masjid, sebab merekalah yang kelak akan menjaga kelangsungan masjid nantinya,” pesannya.

Peresmian masjid dilakukan usai melaksanakan Shalat Jumat. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasati oleh Wakil Wali Kota. Setelah itu lanjutkan dengan silaturahmi dan makan siang bersama dengan seluruh jemaah Masjid Ikhlasiyah.

Sebeklumnya BKM Al Ikhlasiyah, Suroso Rahmad  dalam sambutan singkatnya mengatakan, renovasi masjid ini dilakukan mulai 5 Nopember 2015 dan selesai 24 Nopember 2016. Biaya renovasi sekitar Rp. 1 miliar yang berasal dari para donator dan infak seluruh jemaah. “Alhamdulillah masjid kita saat ini sudah cukup baik dan bisa menampung lebih banyak jemaah,” ujar Suroso.

Selanjutnya Suroso berharap agar Pemko Medan dapat memperbaiki Jalan Amal Luhur sehingga jalan menuju masjid lebih baik lagi. “Dalam kesempatan ini, saya emngucapkan terima kasih kepada Pak Wakil Wali kota, sebab permintaan jemaah untuk memperbaiki drauinase sudah dilakukan. Alhamdulillah perbaikan itu mampu mengurangi debit genangan air yang terjadi selama ini setipa hujan deras turun,” ucapnya. (TAp)