Jumat, 02 Februari 2018 11:20:00

Lembaga Gerejawidan Lembaga Keumatan Sumut Siap Fasilitasi Pemaparan Visi dan Misi Cagubsu/Cawagubsu 2018

Medan (Pelita Batak):
Dalam rangka mencari pemimpin yang visioner di Pilgubsu 2018, yakni lahirnya Gubernur dan Wakil Gubernur yang visioner Lembaga Gerejawi dan Lembaga Keumatan di Sumatera Utara siap memfasilitasi pemaparan visi dan misi para calon Gubernur yang  berkompetisi di Pilgubsu 2018 ini. Hal itu dikatakan oleh Ketua Panitia John Eron Lumbangaol, SE yang juga Ketua DPD PIKI Sumut didampingi oleh penasehat Dr. RE Nainggolan, Jadi Pane, S.Pd dan Jonson Rajagukguk, S. Sos, SE, M.AP, di kantor RE Foundation, Kamis (1/02/2018).

Adapun lembaga Gerejawi dan Lembaga Keumatan ini adalah PGI,  PGLII, PGPI, PGTI, FKGGSU, Sumatera Berdoa, ISKA, PIKI, dan lembaga Keumatan lainnya.

Seperti yang dikatakan oleh Ketua panitia lagi John Eron L. Gaol, SE kita harus melihat bahwa Provinsi Sumatera Utara salah satu Provinsi yang kaya sumber daya alam dan sumber daya manusia. Dengan demikian perlu tata kelola yang profesional, transparan, terukur, dan fokus pada akar masalah. "Untuk itu dibutuhkan Gubernur dan Wakil Gubernur yang punya visi dan misi relevan, aktual, dan mampu menjawab masalah Provinsi Sumatera Utara untuk membawa Sumut bisa menghadapi tantangan global dan millenial," tegas John Eron lagi.

"Untuk itu Ketiga Calon ini akan kita beri panggung untuk memaparkan visi dan misi serta program unggulannya sebagai pendidikan politik," tambah John Eron lagi.

Sementara penasehat kegiatan ini Dr. RE Nainggolan, MM yang juga tokoh masyarakat Sumut ini mengatakan bahwa Visi dan Misi seorang calon pemimpin (Cagubsu dan Cawagubsu) sangat penting dipahami oleh masyarakat Sumatera Utara sebagai pertimbangan dalam memilih sekaligus pendidikan politik.

Melalui visi dan misi oleh Cagubsu 2018 ini kita dorong masyarakat menjadi pemilih yang rasional dalam rangka meningkatkan mutu demokrasi lokal. Pemimpin yang visioner adalah harapan masyarakat Sumut dan bisa lahir dari Pilgubsu 2018 ini. "Dengan pemparan visi dan misi sangat penting sebagai pedoman dalam memilih sekaligus menajdi alat pendidikan politik yang bisa mencegah politik identitas di Sumatera Utara," tegas Dr. RE Nainggolan lagi.

Sementara Jadi Pane, S.Pd mengatakan Adapun tujuan dari dialog interaktif pemaparan visi dan misi Cagubsu dan Cawagubsu 2018 ini adalah Memberikan pendidikan politik bagi masyarakat sehingga masyarakat menjadi pemilih cerdas dan rasional, membangun proses dialog politik yang bermartabat di pilgubsu 2018, menyamakan persepsi masyarakat Sumut bahwa Pilgubsu adalah mencari seorang pemimpin yang punya visi dan misi membangun yang bisa direalisasikan dalam program kerja yang konkrit, mencegah politik identitas di pilgubsu 2018, mendorong pilgubsu 2018 yang lebih baik dari sebelumnya.

Sementara salah satu penasehat Pdt. R. Bambang Jonan mengatakan Dampak Yang Diharapkan (Out Come)  dari kegiatan ini adalah Visi dan Misi Cagubsu 2018 bisa jadi pertimbangan utama dalam memilih dan bukan karena identitas (SARA), tingkat kecerdasan masyarakat semakin meningkat dalam bidang politik, terpilihnya Gubernur dan WAKIL Gubernur 2018-2023 yang Visioner dan berbhinneka, terwujudnya kesadaran semua elite politik bahwa Proses politik harus cerdas dilakukan, tegas rohaniawan GBI Medan Plaza ini.(TAp|Rel)