Rabu, 29 Mei 2019 15:17:00

Konten Wisata Bantu Komunikasikan Pariwisata Medan

Narasumber Bantors Sihombing MSi (dua dari kiri) dan Ketua Forum Studi dan Diskusi MICE (FSDM) Sarah R Tambunan SSos MSi (tiga dari kiri), foto bersama panitia usai diskusi, di Medan, Kamis (23/5). Program Studi MICE (Meeting, Incentive, Convention and E
Medan (Pelita Batak): Program Studi MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition) Politeknik Negeri Medan menggelar Forum Studi Diskusi MICE (FSDM) yang bertema "Literasi Media dan Pemanfaatannya Dalam Bidang MICE", Kamis (23/5).  

Bantors Sihombing MSi, jurnalis yang juga dosen APP (Akademi Pariwisata dan Perhotelan) Darma Agung Medan mengajak mahasiswa untuk membuat konten wisata di berbagai media di internet untuk membantu mengkomunikasikan pariwisata yang ada di Medan.

Dia memaparkan mahasiswa dapat menunjukkan kontribusi positif bagi perkembangan MICE dengan aktif membuat konten wisata yang menarik. Misalnya di Youtube untuk menunjukkan keindahan alam, keunggulan, dan fasilitas wisata yang ada di Medan. Konten wisata itu nantinya diharapkan dapat menjadi referensi dan daya tarik bagi calon wisatawan MICE yang akan mengunjungi Medan. 

Selanjutnya Bantors menyebutkan wisatawan MICE merupakan wisatawan yang sangat potensial karena 1 wisatawan MICE sama kontribusinya dengan 6 wisatawan biasa. Artinya, wisatawan MICE mampu memberikan pendapatan lebih besar ketimbang wisatawan biasa. Hal ini disebabkan karena wisatawan MICE umumnya datang untuk tujuan bisnis sekaligus leisure (bersenang-senang).
 
Kepala Program Studi MICE  Faulina SE MSi  menyampaikan walaupun kegiatan ini bertema "Literasi Media dan Pemanfaatannya dalam Bidang MICE", penerapan literasi media tidak terbatas hanya dalam bidang MICE saja, tapi juga  dalam berbagai bidang lainnya. 

Forum Studi dan Diskusi MICE (FSDM) ini dihadiri perwakilan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta, perwakilan  dari SMK pariwisata, dosen serta mahasiswa prodi MICE Polmed.  

Kegiatan yang diketuai Sarah R Tambunan SSos MSi ini bertujuan untuk mengembangkan Program Studi MICE Polmed agar menjadi pusat  studi, diskusi, juga kajian penelitian MICE di Sumatera Utara. Ke depannya kegiatan FSDM ini akan rutin diselenggarakan dengan menghadirkan praktisi dan akademisi di bidang MICE. 

Program studi MICE Polmed dibuka sejak tahun 2012. Di Indonesia, program studi ini hanya diselenggarakan di 2 perguruan tinggi, yaitu Politeknik Negeri Jakarta dan Politeknik Negeri Medan.(ril)