Senin, 10 Februari 2020 17:01:00

Jemaat HKBP Padang Bulan Demo, Minta Pendeta Gokma Simanungkalit Dipindah

Medan (Pelita Batak):
Sejumlah jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Padang Bulan Medan menggela aksi demo di halaman gereja, Senin (10/2/2020). Jemaat menuding pendeta di tempat itu, Pdt Gokma Simanungkalit STh telah melakukan berbagai kebijakan yang membuat jemaat dan parhalado tidak nyaman.

Jemaat membawa sejumlah spanduk bertuliskan kekecewaan mereka dengan kebijakan Pendeta Gokma Simanungkalit. Salah satu tuntutan mereka adalah agar pucuk pimpinan HKBP memindahkan pendeta Gokma dari gereja mereka.

Selama kepemimpinan Pendeta Gokma kata pengunjukrasa, jemaat kini terpecah belah. Ia juga disebut berencana meniadakan rapat huria. Rapat huria adalah rapat tertinggi gereja.



Selain itu, jemaat juga mencium aroma korupsi dalam pembangunan rest room yang disebut memakan biaya Rp 300 juta.

"Kami merindukan kedamaian di gereja kami. Tuntutan kami, pindahkan Pendeta Gokma dari HKBP Padang Bulan," ungkap L Pasaribu, salah seorang pimpinan aksi.

Selain membentangkan panduk dan poster, massa aksi juga membagikan selebaran tuntutan mereka kepada peserta konven yang hendak pulang usai rapat mereka. Ada yang menerima, ada juga sebagian yang menolak.

Sepedti dikutip dari medanbisnisdaily.com, menjawab tudingan sebagian jemaat gereja HKBP, Pendeta Gokma Simanungkalit mempersilahkan pihak-pihak yang menilai dirinya melakukan korupsi pembangunan rest room untuk membuktikannya.

Pembuktian bisa dilakukan dengan menempuh jalur hukum. "Kalau ada kesalahan saya di Padang Bulan, laporkan saya ke polisi," kata Pendeta Gokma, Senin (10/2/2020).

Menurutnya, ia tak merasa tersinggung dengan aksi jemaat itu. Ia merasa tak berbuat salah dalam kepemimpinannya. "Tapi kalau mereka merasa saya salah, ya lapor aja ke polisi. Itu aja," ungkapnya.(TAp)