Kamis, 25 Juni 2020 06:48:00

Jabat Pangkosekhanundnas III Medan, Marsekal Pertama TNI Esron Sahat B Sinaga Harumkan Nama PPTSB

Marsekal Pertama TNI Esron Sahat B Sinaga S.Sos M.A
Medan (Pelita Batak):
Esron Sahat B Sinaga S.Sos M.A jabat Pangkosekhanundnas III Medan dengan jabatan yang baru otomatis pangkatnya kini manjadi Marsekal Pertama TNI. Ucapan selamat dan sukses sontak membanjiri laman putra terbaik keluarga besar Parsadaan Pomparan Toga Sinaga dohot Boruna (PPTSB) Se_Indonesia. Hal ini dikarenakan salah satu dari putra terbaik PPTSB ini telah resmi mengharumkan nama baik Toga Sinaga berkat prestasi yang telah diraih dari kesatuannya tempat dimana dia mengabdi selama ini.

Adapun sebagai bentuk apresiasi akan prestasinya tersebut dari kesatuan dimana tempatnya mengabdi selama ini di Institusi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU), putra terbaik bangsa Indonesia ini yang juga berasal dari perkumpulan marga Toga Sinaga, yang bernama Esron Sahat Bangun Sinaga S.Sos M.A telah resmi mendapatkan jabatan baru serta kenaikan pangkat sebagai Jenderal bintang satu.

Sebelumnya Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. menerima Laporan Korp Kenaikan Pangkat 83 Perwira Tinggi (Pati) TNI yang terdiri dari 56 Pati TNI AD, 8 Pati TNI AL dan 19 Pati TNI AU, di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (22/6/2020).

Sesuai tradisi yang berlaku di lingkungan TNI, pelaksanaan kenaikan pangkat 83 Pati TNI tersebut berdasarkan Surat Perintah Panglima TNI Nomor Sprin/1127/VI/2019 tanggal 16 Juni 2020.

Dalam putusan tersebut, Pangkosekhanundnas III Medan yang baru dijabat oleh Esron Sahat B Sinaga S.Sos M.A dan sah menyandang pangkat satu tingkat lebih tinggi menjadi bintang satu yang sebelumnya berpangkat kolonel. Kini, Esron pun resmi menyandang bintang satu di pundaknya yang disebut dengan Marsekal Pertama TNI di kesatuan TNI AU.

Panglima Kohanudnas Marsda TNI M Khairil Lubis memimpin acara serah terima jabatan Pangkosekhanudnas III, di Gedung Leo Wattimena Makohanudnas, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada Selasa, 2 Juni 2020 kemarin. 

Esron yang merupakan bagian dari alumni Akademi Angkatan Udara Tahun 1994. Sebelum menjabat Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional III Medan, Esron menjabat Paban II/Lat Ditdiklat Kodiklatau.

Sebelum akhirnya pecah bintang, Esron pernah menduduki sejumlah jabatan strategis di TNI AU. Antara lain, Komandan Sekolah Komando Kesatuan Angkatan Udara (Dansekkau), Kepala Dinas Personel Lanud Atang Sendjaja, Komandan Lanud Sjamsudin Noor, dan sejumlah jabatan strategis lainnya.

Esron menjabat Pangkosekhanudnas III Medan menggantikan Marsma TNI Djohn Amaru lberdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/447/V/2020 Tanggal 26 Mei 2020 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia. (MOS)