Selasa, 13 September 2016 06:11:00

Forum Bangso Batak Indonesia (FBBI) mengadakan Pelatihan Kompetensi Perhotelan di Samosir

FBBI
Samosir (Pelita Batak): Forum Bangso Batak Indonesia (FBBI) mengadakan "Pelatihan Kompetensi Perhotelan"bagi karyawan hotel dan restoran di Hotel Rogate Beach, Desa Unjur, Kecamatan Simanindo, Samosir. Pelatihan dilaksanakan hari Kamis dan Jumat 15-16 September 2016.
 
Narasumber antara lain, Bapak Faizal (Direktur Akademi Pariwisata, Medan (mewakili Kementerian Pariwisata), Bapak Drs. Rapidin Simbolon (Bupati Kabupaten Samosir); Ibu Arta Peto Sinamo (Konsultan Pendidikan, Jakarta);  dan Ibu Suryani Harianja (Praktisi Perhotelan di Bali).
 
Menurut Ketua Panitia Dr. Ir. Bisman Nababan, M,Sc., pelatihan kompetensi perhotelan ini bertujuan untuk merevolusi mental para karyawan hotel dan restoran di kawasan Danau Toba dan Sekitarnya untuk menjadi ramah, jujur, disiplin, dan bersahabat bagi wisatawan. "Mental masyarakat Batak pada umumnya yang kurang ramah harus direvolusi mengingat keramahtamahan masyarakat adalah kunci utama keberhasilan pembangunan industri pariwisata di samping pembangunan infrastruktur lainnya,"ujarnya, Selasa 13 September 2016.
 
Ketua Umum Forum Bangso Batak Indonesia Dr. RonsenPasaribu, SH, MM, menekankan bahwa mengingat Pemerintah sudah komit untuk membangun industry pariwisata di kawasan Danau Toba dan sekitarnya maka tidak ada pilihan lain selain merevolusi mental masyarakatnya dari  yang kurang ramah menjadi ramah, jujur, disiplin, dan bersahabat demi terwujudnya tujuan pembangunan  industri  pariwisata ini.
 
Sekjen Forum Bangso Batak Indonesia Djalan Sihombing, SH menambahkan bahwa pelatihan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata, Republik Indonesia dan didukung oleh Bank BNI, Bank BCA, PT. Totalindo, PT. Pola Beton, Radio Pelita Batak 94.6 FM, Ir. Effendi Sianipar anggota DPR-RI, Ir. Leo Nababan, dan Ir. Tagor Marpaung, MM.. 
 
Pelatihan ini, sudah direncanakan sejak Rakornas I FBBI di Samosir awal bulan Januari tahun 2016, yang merupakan bagian dari keputusan tersebut. Dan kegiatan ini mendukung program pemerintah dengan disahkannya Peraturan Presiden Nomor 49 tahun 2016 tentang Badan Oorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba (BODT) tertanggal 13 Juni 2016. Diharapkan pelatihan ini sukses dan dapat merevolusi mental karyawan hotel dan restoran di kawasan Danau Toba dan sekitarnya menjadi ramah, jujur, disiplin, dan bersahabat.(R2)