Selasa, 12 November 2019 08:10:00

Ephorus Pdt Dr Darwin Lumbatobing Bantah HKBP "Terbelah" di Arena Sidang Raya PGI

Pdt Dr Darwin Lumbantobing
Waingapu(Pelita Batak): Ephorus Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Pdt Dr Darwin Lumbantobing menegaskan dirinya hanya menerbitkan satu rekomendasi dalam arena Sidang Raya Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI). Surat rekomendasi tersebut hanya untuk Pdt Gomar Gultom, untuk maju menjadi calon ketua umum. Jadi tidak benar HKBP terbelah seperti isu yang beredar beberapa hari ini.

"HKBP sudah dua periode menjadi Sekretaris Umum PGI, jadi tidak mungkin kami maju di posisi yang sama. Jadi, untuk periode ini kami merekomendasi Pdt Gomar Gultom menjadi Ketua Umum,"ujarnya kepada wartawan saat ditemui di Hotel Tanto, Waingapu, Senin (11/11).

Mengenai Pdt Saut Sirait yang merupakan dosen STT HKBP, Ephorus membenarkan yang bersangkutan pernah mendatanginya dan meminta rekomendasi. "Tetapi saya sudah jelaskan, HKBP hanya beri rekomendasi kepada Pdt Gomar. Sangat tidak mungkin kita terbitkan dua rekomendasi untuk dua posisi, satu ketua umum dan satu lagi untuk sekretaris umum," tegasnya.

Ephorus mengaku HKBP telah melakukan komunikasi dengan beberapa pimpinan sinode pemegang hak suara di arena Sidang Raya PGI. "Sebagian mereka memiliki latar belakang seperti saya, pernah menjadi Ketua STT, jadi masih enak berkomunikasi dengan mereka," paparnya.

HKBP memang tak bisa diabaikan keberadaannya dalam sejarah PGI (Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia). Sebagai gereja yang termasuk "tua" dengan jumlah jemaat "besar", maka sikap dan langkahnya selalu menjadi perhatian. Tak heran, di arena Sidang Raya PGI yang sedang berlangsung di Waingapu, HKBP juga menjadi perhatian.

Pantauan dari arena Sidang Raya PGI, masih belum ada secara resmi membahas nama-nama kandidat. Meski di luar arena, sudah pertemuan tertutup dan kabarnya ada klaim sudah memegang "mayoritas" suara.

Saat ini HKBP mendudukkan "kader"-nya Pdt Gomar Gultom sebagai Sekum PGI mendampingi Pdt Henriette Lebang yang menjabat Ketum PGI. Bukan rahasia lagi, Gomar sudah mencanangkan akan maju menjadi Ketum PGI melalui Sidang Raya kali ini. Namun dari HKBP sempat muncul nama Pdt Saut Sirait yang akan maju menjadi calon Sekum PGI.(rel)