Sabtu, 11 Februari 2017 06:40:00

Data Lengkap OTT di Kantor BPN Deliserdang, Termasuk Calvin Sembiring

Penampakan sebagian pejabat BPN Deliserdang yang diamankan

Medan (Pelita Batak) :
Polda Sumatera Utara (Sumut) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN), Deli Serdang. Uang seratusan juta rupiah diamankan dalam OTT ini.

OTT itu dilakukan pada Jumat (10/2/2017) sore. Dirkrimsus Polda Sumut Kombes Toga Panjaitan membenarkan OTT tersebut.

"Untuk sementara (barang bukti) ada uang (diamankan) sekitar Rp 100 jutaan," kata Toga kepada detikcom.

Hal senada dikatakan Kabid Humas Polda Sumut Kombes Rina Sari Ginting. Dia mengatakan, OTT dilakukan terkait adanya dugaan pemerasan.

"Lokasi (OTT) di kantor BPN Deli Serdang, dari tim Ditkrimsus Polda Sumut. Diduga mereka itu melakukan pemerasan terhadap proses pengurusan sertifikat tanah," kata Rina.

Setelah melakukan penggeledahan hampir empat jam lebih penyidik Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Utara akhirnya meninggalkan lokasi.

Seperti diketahui tim melakukan penggeledahan di Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Deliserdang di Jalan Karya Utama, Kompleks Perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deliserdang pada Jumat sejak pukul 14.30 Wib.

Sekira pukul 18.00 Wib, penyidik akhirnya selesai melakukan penggeledahan. Setelah melakukan penggeledahan, 9 orang yang diamankan dimasukkan kedalam dua unit mobil Kijang Inova warna hitamn BK 868 VY dan BK 134 RY.

Selain mengamankan 9 orang termasuk Kepala Kantor ATR/BPN Deliserdang Ir Calvin Sembiring petugas juga mengamankan uang ratusan juta rupiah, beberapa boks plastik berisis berkas-berkas, laptop, CPU. “Ada sembilan orang yang kita amankan, selebihnya saya tidak bisa berkomentas,” tegas salah seorang petugas.

Saat kesembilan ini dimasukkan kedalam mobil tidak ada sepatah kata pun yang terucap dari mulut mereka dan memilih menundukkan kepala.

Penyidik juga mengamankan mobil Kijang Inova warna putih BK 1173 M yang ditemukan uang Rp 60 juta dari bagasi belakang mobil yang ternyata milik Kepala Seksi (Kasi) pengukuran Maltus Hutagalung.

Setelah dua mobil Kijang Inova warna hitam yang membawa sembilan orang yang diamankan serta barang bukti, akhirnya sekira pukul 18.30 Wib seluruh penyidik meninggalkan Kantor ATR/BPN Deliserdang menuju Polda Sumatera Utara.

Berikut nama-nama Sembilan orang yang diamankan masing-masing Kepala Kantor ATR/BPN Deliserdang Ir Calvin Sembiring, Kepala Seksi (Kasi) pengukuran Maltus Hutagalung, KTU Hendrik, Kasi II Hak Tanah dan pendaftaran Tanah Indra Imanuddin, Kasubsi Pengukuran Iwan Muslim, staf pengukuran Ayu dan Beslin, ajudan Kepala Kantor Imel, dan Anggora yang merupakan supir Maltus Hutagalung.

Kabid Humad Poldasu, Kombes Pol Rina Sari Ginting membenarkan adanya OTT ini. “Betul, ada OTT oleh tim dari Ditreskrimsus di kantor BPN Kabupaten Deliserdang tadi sore. Dugaan melakukan pemerasan terhadap pengurusan sertifikat. Tim masih dilapangan dan belum dapat info terkait jumlah orang yang diamankan dan jenis BB serta jumlahnya,” ujar Rina.
(TAp/detik.com/metro-online.co)