Jumat, 09 Agustus 2019 16:56:00

Bukan Jeep Bukan Sedan, Toyota Kijang Innova Gunakan BB 1 G

Mobil Toyota Kijang Innova dengan Tanda Nomor Kenderaan Bermotor (TNKB) BB 1 G, pelat merah.
Tapsel (Pelita Batak) :
Ada yang aneh dalam kunjungan kerja Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M Pasaribu di dampingi Kabag Humas dan Protokoler Setdakab Isnut Siregar beserta rombongan ke Desa Batu Hula Kecamatan Batangtoru, Kamis 8 Agustus 2019 menggunakan mobil dinas Toyota Kijang Innova dengan Tanda Nomor Kenderaan Bermotor (TNKB) BB 1 G.

Penggunaan TNKB BB 1 G pada Kenderaan jenis venturer tersebut dinilai menyalahi aturan yang ada dimana TNKB tersebut hanya dapat di "tabalkan " pada Kenderaan dinas / jabatan jenis jeeb dan/atau sedan.

Hal itu sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 7 tahun 2006 tentang standarisasi sarana dan prasarana kerja pemerintah daerah di jabarkan bahwa kepala daerah ( Bupati / Walikota ) difasilitasi  2 (dua) Kenderaan dinas / jabatan yaitu 1 unit  jenis sedan 2500 cc dan 1 unit jenis Jeep 3200 cc.

"Pengguna TNKB plat merah BB 1 G yang menandakan Kenderaan dinas/jabatan kepala daerah pada Kenderaan jenis MPV adalah bukan pada tempat nya. Harusnya kita taat azas dan taat aturan, tidak mempertontonkan contoh yang salah kepada masyarakat," ujar aktifis Tapsel Sutan Maruli Ritonga kepada wartawan, Jumat 9 Agustus 2019.

Sepanjang sepengetahuan nya mobil jabatan Bupati Tapsel sudah ada yang jenis Jeep maupun Sedan, sehingga bila menggunakan mobil jenis lain hendak nya tidak menyertakan TNKB BB 1 G, karena bukan peruntukkan.

Kabag Humas dan Protokoler Setdakab Tapsel Isnut Siregar ketika dikonfirmasi via WhatsApp terbaca, tidak memperoleh jawaban hingga berita ini dikirimkan. (Saut Togi Ritonga)