Jumat, 05 Agustus 2016 10:27:00

Awas Api, Bukit Simanjalo Toba Samosir Kebakaran

Warga berusaha memadamkan api dengan alat seadanya
Balige (Pelita Batak)
Hutan Pinus di perbukitan Simanjalo, Kecamatan Balige, Toba Samosir (Tobasa), kembali terbakar, Kamis (4/8/2016). Informasi dihimpun, hingga sore hari api belum padam. Kepulan asap masih terlihat di perbukitan yang biasa disebut bukit Marsanggul itu.
 
Dikutip dari tobasamosirkab, belum diketahui pasti penyebab kejadian itu, apakah ada yang sengaja, atau tidak sengaja. “Sumber api belum kita ketahui pasti. Tapi kebakaran sudah mencapai sekitar 2 Ha,” kata Kepala BPBD Tobasa yang ditemui di lokasi kebakaran.
 
Api masih menyala membakar hutan yang kering akibat musim kemarau belakangan ini, ditambah angin kencang sehingga api cepat menjalar.
 
Sementara personil yang diturunkan mengatasi kebakaran itu, termasuk dari BPBD, Pemadam Kebakaran, Dinas Kehutanan, TNI dan Polri, belum berhasil melakukan pemadaman. Terlebih mobil pemadam kebakaran tidak bisa mendekati lokasi hutan yang terbakar.
 
Informasi yang dihimpun dari warga yang ditemui di sekitar lokasi kejadian,  mengatakan bahwa api diduga dilakukan orang-orang iseng. "Api saya lihat awalnya dari sebelah sana (sebelah kiri perbukitan). Memang tadi ada saya dengan orang disitu," ujar Napitupulu, petani yang kebunnya tak jauh dari lokasi kebakaran saat diwawancarai bersama personil Kodim Taput.
 
Data kebakaran hutan di daearah Tobasa belakangan ini sering terjadi, meski dalam skala kecil. Seperti di kawasan Perbukitan Simanjalo itu merupakan kali ketiga dalam 2 bulan terakhir ini, sebelumnya, terjadi pada Sabtu (30/7).
 
Pada Minggu (31/8) terjadi kebakaran di perbukitan Desa Bonan Dolok dan Desa Hutagaol. Kemudian sebelumnya pada Selasa (26/7) terjadi kebakaran sekitar 2 Ha hutan di Perbukitan di Desa Sibuntuon. Terkait penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti dan masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. (BidangKominfo/TAp)