Rabu, 25 Mei 2016 23:22:00

Putera Karo, Irjen Pol Arman Depari Masuk Bursa Calon Kabareskrim Polri

Irjen Pol Arman Depari

Jakarta (Pelita Batak):

Nama-nama jenderal memasuki daftar bursa Calon Kabareskrim, kali ini Deputi Badan Narkotika Nasional (BNN), Irjen Pol Arman Depari, disebut-sebut masuk ke dalam bursa calon Kabareskrim Polri.

Seperti dikutip dari Poskotanews.com, Kabareskrim Mabes Polri, Komjen Anang Iskandar akan memasuki masa pensiunnya. Arman mempunyai banyak pengalaman di bidang Reserse. Lulus Akademi Kepolisian (AKPOL) Tahun 1985, Banyak prestasi yang diraih saat Arman menjabat sebagai Kasubnit Pembunuhan dan Penculikan Polda Metro Jaya.

Arman layaknya reserse sejati sebab ia tak beranjak dari lingkungan serse. Mabes Polri mempercayakan ayah tiga anak ini sebagai Dir Narkoba Polda Metro Jaya dan Dir Narkoba Bareskrim Mabes Polri.Dalam kiprahnya, berbagai prestasi telah diperoleh. Ketika ia menjabat sebagai Kapolda Kepri sejak 27 Agustus 2014 lalu.

Tak hanya kampung narkoba di Batam yang diubek-ubek, Arman juga tak memberi ampun kepada penjahat penyelewengan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar bersubsidi yang sudah bertahun-tahun merampok di Kepri. Selain itu, ia juga menutupi rumah-rumah judi gelanggang permainan.

Kini Arman yang menduduki pos Deputi Pemberantasan BNN disebut-sebut masuk bursa calon Kabareskrim Polri. Bahkan sejumlah pengamat merasa, memang sudah layak dan sepantasnya seorang Arman dipromosikan menjadi orang nomor satu dijajaran Reskrim.

PANTAS

Ketua Indonesia Narkotic Watch (INW) Josmar Naibaho pun menilai Arman pantas jadi Kabareskrim Polri. Josmar merasa yakin, sebagai komandan Arman yg dikenal tegas sekaligus suka mengayomi, bisa mengawasi sekaligus memotivasi jajarannya, khususnya di lingkungan serse narkoba, agar bekerja lebih tulus.

“Jam terbang beliau, khususnya dalam pemberantasan narkoba cukup meyakinkan,” kata Josmar. Arman Depari memang dikenal sebagai orang reserse. Tapi penentuan siapa yang bakal jadi Kabareskrim tentu melalui banyak pertimbangan. Wanjakti dan Kapalri tentu punya alasan untuk memilih nama yang disodorkan kepada Presiden RI.

Sementara itu Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (LEMKAPI), Edi Saputra Hasibuan, menilai, sosok Irjen Pol Arman Depari termasuk daftar Calon Kabareskrim. “Tentu pak Arman dan yang lainnya juga termasuk,” paparnya.

Nama empat Jenderal lainnya yang santer menggantikan Kabareskrim Mabes Polri tersebut yakni, Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Moechgiyarto, Kapolda Kaltim, Irjen Pol Safaruddin, Kepala BNPT, Komjen Tito Karnavian, Gubernur Akpol, Irjen Pol Anas Yusuf.(poskotanews.com)