• Home
  • Pendidikan
  • Pengenalan Dan Pelatihan Program MATLAB Sebagai Media Pembelajaran Matematika di SMA Bersama Berastagi
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 05 Maret 2020 11:07:00

Pengenalan Dan Pelatihan Program MATLAB Sebagai Media Pembelajaran Matematika di SMA Bersama Berastagi

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Quality Brastagi diabadikan bersama siswa/i SMA Bersama Berastagi usai pelatihan
Medan (Pelita Batak):
MATLAB adalah salah satu perangkat lunak yang cukup banyak dipakai. Di Indonesia, pengunaan program komputer MATLAB sebagai alat bantu untuk menyelesaikan masalah matematika, kebanyakan hanya digunakan di level perguruan tinggi atau universitas. MATLAB dapat membantu untuk pengerjaan di bidang matematika, mempersingkat waktu, dan bisa membantu masalah yang sulit dipecahkan.

Sebagai upaya mensosialisasikan program ini, tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Quality Berastagi melaksanakan kegiatan Pengenalan Dan Pelatihan Program MATLAB Sebagai Media Pembelajaran Matematika di SMA Bersama Berastagi, Jumat, 07 February 2020. Ketua Pelaksana Novi Tari Simbolon, S. Pd, M. Si., dibantu dua tutor, Ratna Wahyuni, S. Pd, M. Si, dan Yan Batara Siringo-ringo, S. Si, M. Si.




"Kita laksanakan kegiatan pengabdian ini dalam rangka memberi pengenalan dan pelatihan singkat mengenai program MATLAB di SMA BERSAMA Berastagi. Siswa/I yang ikut dalam kegiatan ini sangat antusias. Kami sebagai pelaksana mengucapkan terima kasih ke pihak sekolah yang telah bersedia menerima kami dan tim," ujar Novi Tari Simbolon,S.Pd.,M.Si.

Dijelaskannya, elatihan ini akan diselenggarakan dengan  Pengenalan  program  MATLAB, Pengenalan  perintah dan fungsi-fungsi MATLAB, Pengenalan fungsi grafik pada MATLAB, dan Pembelajaran program  MATLAB dalam  permasalahan Matematika.

Secara detail, peltihan ini dimulai dengan mengeksekusi ikon MATLAB di layar komputer ataupun melalui tombol Start di Windows. Setelah proses loading program, jendela utama MATLAB akan muncul dan kemudian memperkenalkan setiap icon pada jendela utama MATLAB. Selanjutnya, dicoba beberapa kemampuan dari MATLAB seperti kalkulator, menciptakan dan memanipulasi vektor dan matriks, dan  menggambar grafik.

Pengenalan perintah dan fungsi-fungsi MATLAB, Pada tahapan ini akan diperkenalkan perintah dan fungsi-fungsi MATLAB, khususnya fungsi matematika yang umum dipergunakan telah terdefinisi di MATLAB. Pada bagian ini, juga akan dibahas tentang matriks, yakni cara entri matriks dan operasi-operasi yang berlaku dalam matriks Pengenalan fungsi grafik pada MATLAB

Dilanjutkan dengan Pengenalan fungsi grafik pada MATLAB. Pada bagian akan diperkenalkan visualisasi data secara grafik, baik dalam grafik dimensi 2 maupun grafik dimensi 3. Dengan menggunakan perintah khusus di MATLAB, akan diperlihatkan beberapa grafik dari fungsi-fungsi dalam Matematika.

Pembelajaran program MATLAB sebagai media dalam pemacahan  permasalahan Matematika. Pada tahapan ini akan diperlihatkan bagaimana MATLAB dapat sebagai media untuk membantu dalam memecahkan beberapa permasalahan dalam Matematika, salah satunya visualisasi dalam  ruang dimensi 3.

"Pengenalan ini diharapkan sebagai awal dalam memberikan wawasan dalam penggunaan MATLAB sebagai media dalam membantu menyelesaikan permasalahan dalam Matematika," lanjutnya. Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat yang diselenggarakan di SMA BERSAMA BERASTAGI kali ini lebih menitikberatkan kepada pendekatan masyarakat yang membutuhkan pendidikan menengah atas. Selain itu para dosen diajak untuk secara langsung mendapatkan pengalaman kekayaan batin dari proses pendampingan di SMA BERSAMA BERASTAGI. Program pengabdian ini bertujuan untuk lebih memotivasi siswa dalam pembelajaran Matematika menggunakan teknologi dan media. Selanjutnya, diharapkan siswa dapat tertarik belajar Matematika.

Juga disampaikan, Tridharma Perguruan Tinggi adalah Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa Perguruan Tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan Pasal 20 ayat 2 Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Kemudian Pasal 47 ayat 1 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi bahwa "pengabdian kepada Masyarakat didefinisikan sebagai kegiatan Sivitas Akademika dalam mengamalkan dan membudayakan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa". Berdasarkan Permendiknas  RI Nomor 22 tahun 2006 tentang  Standar Isi menyatakan bahwa untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran, diharapkan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi seperti komputer, alat peraga, atau media lainnya. Teknologi dalam hal ini berupa komputer sedangkan media yang digunakan adalah perangkat lunak (software) khusus yang membantu proses pembelajaran. (Tap|*)
  BeritaTerkait
  • Tim PGSD Universitas Quality Berastagi Gelar Pelatihan SPSS di SMA Bersama

    5 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Guna mengamalkan salah satu dari tri darma perguruan tinggi, pengabdian masyarakat, tim Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Quality Berastagi bersama Lembaga

  • Bupati DS Akan Resmikan STKIP Pangeran Antasari

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Bupati Deliserdang H. Ashari Tambunan menyatakan kesediaannya untuk membuka acara Peresmian Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pangeran Antasari yang akan dilaks

  • Kehadiran STKIP Pangeran Antasari Percepat Cita-Cita DS Berdaya Saing

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Bupati Deliserdang H. Ashari Tambunan meresmikan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pangeran Antasari sekaligus membuka Seminar Pendidikan "Orientasi Kebijakan P

  • Berbagi Pengetahuan Kewirausahaan dan Pengembangan Bakat

    4 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak)   Sebagai aksi nyata atas dukungan Hutchison 3 Indonesia (H3) pengelola operator GSM 3 (Tri) kepada pengembangan dan pemberdayaan generasi muda Indonesia, Tri tela

  • Modul USAID PRIORITAS Membuat Madrasah ini Berkembang Pesat

    3 tahun lalu

    Makassar(Pelita Batak): Harmia Tannang, kepala Madrasah Ibtidaiyah  al Abrar Makassar,  benar-benar merasa bahwa program pendidikan USAID PRIORITAS yang telah berlangsung hampir lima tahu

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb