• Home
  • Pendidikan
  • Pelajar Asal Sumut Diharapkan Bertambah Sebagai Penerima Beasiswa di Amerika Serikat
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 27 September 2016 17:44:00

Pelajar Asal Sumut Diharapkan Bertambah Sebagai Penerima Beasiswa di Amerika Serikat

BAGIKAN:

Medan (Pelita Batak) :
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Ir HT Erry Nuradi, MSi mengharapkan jumlah pelajar asal Sumatera Utara (Sumut) yang mendapat beasiswa belajar di Amerika Serikat (AS) setiap tahunnya bertambah.

“Saya ucapkan terima kasih atas beasiswa yang telah diberikan kepada pelajar yang ada di Sumatera Utara. San Mateo College of Silicon Valley kedepannya dapat menaikkan jumlah penerima beasiswa bagi siswa-siswa khususnya yang ada di Sumatera Utara. Diharapkan akan semakin banyak siswa-siswa yang ada di Sumatera Utara dapat melanjutkan pendidikan tinggi di USA, khususnya di San Mateo College of Silicon Valley," ujar Gubsu HT Erry Nuradi usai menandatangani MoU antara pemerintah provinsi Sumatera Utara dengan San Mateo Colleges of Silicon Valley California United States di lantai 10 kantor Gubsu di Medan, Selasa (27/9/2016).

Pendatanganan kerjasama dibidang pendidikan ini bertujuan pemberian beasiswa bagi beberapa siswa-siswa yang ada di Sumatera Utara untuk melanjutkan pendidikan di San Mateo Colleges of Silicon Valley California.

Hadir, President The San Mateo Colleges Of Silicon Valley California Amerika Serikat Mr. DR Jing Luan beserta rombongan, Konsulat Amerika Mr Juha P. Salin, Ketua Dewan Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Prof Dr H Syaiful Sagala S. Sos. MPd, mewakili Rektor USU Prof Subilhar, Plt Kadis Pendidikan Arsyad Lubis, Direktur Singapore Piaget Academy (SPA) Mina Angkasa, Jajaran SMAN I Medan dan jajaran Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara.

Gubsu HT Erry Nuradi sangat menyambut baik program kerjasama yang ditawarkan San Mateo Colleges of Silicon Valley California. Walaupun menurut pengalaman Erry sistem pendidikan yang ada di Indonesia ada perbedaan dengan sistem pendidikan yang ada di USA. Namun menurut Erry justru perbedaan sistem pendidikan tersebut sangat baik dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia khususnya di Sumatera Utara. Pemberian bea siswa ini juga menurut Erry akan memberikan kesempatan bagi para siswa Sumatera Utara khususnya untuk mengembangkan bakat dan potensinya.

Pada kesempatan itu Gubsu juga menyampaikan keinginannya agar pemberian bea siswa bukan hanya diperuntukkan bagi para siswa yang ada di Sumatera Utara. Erry berkeinginan agar staf Pemprovsu juga berkesempatan untuk mengecap pendidikan di USA. "Selain siswa, mungkin kami bisa mengirim staf pemprovsu ke USA untuk sekolah," sebut Erry.

Gubsu juga berharap kedepan adanya pertukaran pelajar antara San Mateo College of Silicon Valley dengan pelajar dari Provinsi Sumatera Utara. "Kira-kira dua bulan pertukaran pelajar, akan menambah pengalaman bagi para siswa dari masing-masing," ujar Erry.

Menanggapi keinginan dari pemerintah provinsi Sumatera Utara untuk menambah jumlah penerima beasiswa bagi pelajar yang ada di Sumatera Utara, President The San Mateo Colleges Of Silicon Valley California Amerika Serikat Mr. DR Jing Luan mengatakan bahwa pihaknya kedepan akan memikirkan untuk menambah jumlah dimaksud yang menurutnya hal tersebut sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi masing-masing negara dan juga untuk menambah pengalaman bagi para siswa-siswa dari masing-masing negara.

Juan pada kesempatan itu menyampaikan keinginannya untuk mengundang Gubsu pada kesempatan yang akan datang untuk datang ke California selain untuk membicarakan hal-hal didunia pendidikan tetapi juga untuk pelatihan (training) bagi pemerintah provinsi Sumatera Utara. "Atas nama The San Mateo Colleges Of Silicon Valley California saya mengundang Bapak Gubsu untuk meluangkan waktu ke California bukan hanya untuk membicarakan hal-hal yang diperlukan tetapi juga untuk training bagi pemerintah provinsi Sumatera Utara," ujar Juan.

Hal senada juga disampaikan Konsulat Jenderal Amerika di Medan Mr Juha P. Salin, bahwa pemerintah Amerika serikat mendukung kerjasama yang telah disepakati. Dikatakannya dari pengalaman selama ini bahwa belum banyak pertukaran pelajar antara Indonesia dan USA dan juga penerima beasiswa bagi pelajar dari Indonesia dibandingkan negara di Asia lainnya.

Oleh karenanya atas nama pemerintah USA pihaknya sangat mendukung kerjasama yang telah ditandangani antara pemprovsu dan The San Mateo Colleges of Silicon Valley California dan mengharapkan adanya penambahan jumlah penerima beasiswa bagi pelajar Indonesia, khususnya yang ada di Sumatera Utara. "Ini merupakan salah satu visi misi presiden Amerika Serikat Barrack Obama," ujarnya.

Terkait keinginan pemprovsu untuk mengirimkan stafnya untuk mendapat pelatihan (training) di USA, Konjen Amerika mengatakan bahwa program tersebut memang ada untuk staf pemprovsu. "Bukan hanya training di USA saja tetapi juga di Asia Tenggara," sebutnya seraya menambahkan bahwa pihak USA siap bekerjasama dengan pemprovsu agar siswa-siswa dapat mengecap pendidikan tinggi di USA dan pemberian bea siswa bagi pelajar-pelajar yang ada di Sumatera Utara.(TAP)

  BeritaTerkait
  • Credit Suisse: Kekayaan Global tumbuh 6.4%, dipimpin oleh Amerika Serikat

    3 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak) :Data Global Wealth Report 2017 yang dipublikasikan Credit Suisse Research Institute menemukan kekayaan global meningkat sebesar 30% sejak krisis keuangan global dimulai 10 tahu

  • PTN Dan PTS Diminta Berlomba Beri Beasiswa untuk Mahasiswa Berprestasi

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara HT Erry Nuradi mendorong Perguruan Tinggi meningkatkan jumlah penerima beasiswa bagi mahasiswa berprestasi maupun bagi yang kurang mampu. "

  • Hebat.....Putra Batak Rikoh Manogar Siringoringo Jadi Pembuka Jalan Selam Ilmiah

    4 tahun lalu

    SETELAH puluhan tahun berlangsung di Indonesia, kegiatan penyelaman ilmiah mulai mendapat jalan untuk proses standardisasi. Pembukanya adalah Rikoh Manogar Siringoringo, orang Indonesia pertama yan

  • Bangun Persaudaraan, Kebersamaan dan Rasa Kasih Melalui Natal

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Ribuan umat Kristiani dari seluruh penjuru Kota Medan menghadiri perayaan Natal Oikumene Kota Medan tahun 2016 di Gedung Medan International Convention Centre (MICC) Jalan Gagak Hitam Ring Road Medan,

  • Konsolidasi Kepemimpinan Polri dan Makna Reformasi Polri Terhadap Nawacita

    2 tahun lalu

    Oleh : Firman Jaya Daeli (Mantan Tim Perumus UU Polri Dan Anggota Komisi Politik & Hukum DPR-RI)Institusi Polri di bawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Pol. Prof. Tito Karnavian, MA, Ph.D sudah sem

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb