• Home
  • Pendidikan
  • LPPM UNPRI Gelar Seminar Strategi Pemenangan Hibah Ristekdikti dan Review Proposal Penelitian
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 09 Mei 2017 10:28:00

LPPM UNPRI Gelar Seminar Strategi Pemenangan Hibah Ristekdikti dan Review Proposal Penelitian

BAGIKAN:
Ist|PelitaBatak

Medan (Pelita Batak) :
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) beserta tim Rektor Universitas Prima Indonesia (UNPRI) Medan, menggelar Seminar Strategi Pemenangan Hibah Ristekdikti dan Review Proposal Penelitian di aula kampus tersebut Jalan Belanga, Medan (6/5/2017).
    
Seminar yang menghadirkan Prof Dr Alesyanti MPd sebagai naeasumber itu, juga dihadiri Ketua BPH UNPRI Dr Tommy Leonard SH MKn, Wakil Rektor I Seno Aji S Pd M Eng Pract, Ketua Panitia Edy Fachria SSi MSil dan para dekan serta para dosen di jajaran UNPRI.
     
Prof Dr Alesyanti pada seminar itu menjelaskan, bahwa ada beberapa kunci penting supaya proposal penelitian dosen lolos untuk dibiayai oleh Ristekdikti. Hal yang pertama, katanya, adalah kesesuaian dalam   format penulisan dan skim yang diikuti dosen sesuai dengan kepangkatan.
    
"Dan yang tidak kalah penting adalah setiap dosen harus mempunyai kepakaran dan roadmap yang jelas. Jika dosen sudah mempunyai kepakaran maka hampir tidak ada alasan bagi reviewer, untuk menolak proposal tersebut," kata Prof Alesyanti.
    
Wanita berkerudung ini juga menyampaikan, bagaimana tips dalam menentukan judul penelitian.
       
Dalam menentukan judul, kata wanita berdarah Minangkabau ini, tidak usah terlalu lama berpikir, lihat kondisi sekitar kita, permasalahan apa saja yang timbul dan segera tuliskan, buat segera kerangka   penelitian.
     
“Banyak sekali hal dalam kehidupan sehari-hari yang bisa diangkat sebagai topik penelitian, dan itu merupakan hal-hal yang cukup sederhana, seperti pengaruh suku dalam  pertengkaran atau perceraian dalam rumah tangga, bahkan hal yang sangat sederhana seperti maraknya acara-acara televisi, yang menggunakan sistem polling dalam menentukan pemenang suatu kontes, apakah sistem polling itu efektif atau tidak,” katanya.
    
Pada kesempatan itu, Wakil Rektor I Seno Aji S Pd M Eng Pract menyatakan, kuantitas dan kualitas penelitian dosen di suatu universitas memiliki peranan penting dalam peningkatan rating universitas.
        
Dalam paparannya juga, Seno Aji menyebutkan, saat ini UNPRI sudah fokus pada peningkatan dalam penelitian dan pengabdian masyarakat.
    
Menurut Seno Aji, dosen-dosen merupakan ujung tombak untuk mencapai hal ini. Dia juga yakin, bahwa dengan acara ini diharapkan akan mampu menjadi stimulus dalam meningkatkan kuantitas penelitian dosen, terutama untuk pembiayaan di tahun 2018.     
     
Acara diakhiri dengan penyerahan plakat oleh Wakil Rektor I Seno Aji SPd MEng Pract dan foto bersama narasumber dengan para dosen.
    
Terpisah, Ketua BPH UNPRI Dr Tommy Leonard SH MKn berharap dengan seminar ini, dapat memotivasi para dosen UNPRI untuk melakukan penelitian.
    
"Mudah-mudahan seminar ini, dapat memberikan dorongan dan inspirasi bagi dosen-dosen UNPRI, untuk aktif melakukan penelitian," tandas Tommy.
    
Dikatakan Tommy Leonard, bahwa  dosen itu, harus lebih termotivasi melakukan penelitian agar proses Tri Darma Perguruan Tinggi dapat berjalan secara lebih maksimal. (rel|TAp)

  BeritaTerkait
  • Apakah Masyarakat Medan Puas Terhadap Pelayanan Publik?

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Pemko Medan melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Medan menggelar seminar proposal riset kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik di Kota Medan di Balai Kota Medan, Senin (14/11/2016). Seminar ini dilakukan

  • STT Harapan Medan Gandeng Aptikom Gelar Workshop Penulisan Proposal Penelitian dan Publikasi Internasional

    3 tahun lalu

    Medan(Pelita Batak): STT Harapan bersama Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) dan Pengurus Relawan Jurnal Indonesia (RJI) Sumatera Utara berencana menggelar Workshop "P

  • Tiga Pembicara Kondang Motivasi Mahasiswa FE UNPRI Kopertis Beri Apresiasi

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Seminar Nasional "Entrepreneurship in the Digital Era" yang digelar Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Prima Indonesia (UNPRI) Medan bersama UNPRi Creative, di Selecta Hall Sabtu

  • UNPRI Salah Satu Pemenang Hibah Ristekdikti

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Universitas Prima Indonesia (UNPRI) salah satu peserta pemenang hibah Ristekdikti. Hal ini diketahui pada kegiatan Seminar Hasil Program Bantuan Pengembangan Layanan Pusat Karir d

  • Litbang Parna Bahas Usulan Program untuk Dibawa ke Rakernas PARNA di Batam

    2 tahun lalu

    Laporan: Janner Simarmata Medan(Pelita Batak): Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Parsadaan Pomparan Raja Nai Ambaton Indonesia (PPI) adakan diskusi rencana kerja bidang Litbang, di kantor

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb