• Home
  • Pendidikan
  • Kasek SMP N 1 Bilah Hulu: Dapodik Tutup Celah Permainan Jumlah Peserta Didik Untuk Memperoleh Dana Bos
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 15 November 2019 10:05:00

Kasek SMP N 1 Bilah Hulu: Dapodik Tutup Celah Permainan Jumlah Peserta Didik Untuk Memperoleh Dana Bos

BAGIKAN:
Ist|pelitabatak
Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Bilah Hulu Slameto.
Labuhanbatu (Pelita Batak):
Data Pokok Pendidikan (Dapodik) adalah sistem pendatan skala nasional yang merupakan sumber data utama pendidikan nasional, keberadaan sistem dapodik ini mampu menutup celah terjadi nya Penyelewangan atau permain jumlah peserta didik untuk memperoleh Dana Bos, Kamis (14/11/2019)

Sebagai data yang cepat,  lengkap, valid, akuntabel dan terus up to date, data dapodik dapat di akses oleh siapa saja dan menjadi rujukan dalam pencairan dana bos serta berbagai bantuan lain yang bersumber dari dana APBN. 

Demikian disampaikan Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Bilah Hulu Slameto yang juga Ketua Pengurus Kabupaten PGRI Labuhanbatu kepada sejumlah wartawan di Rantauprapat. 

Lebih lanjut kata Slameto, sebagai contoh SMP Negeri 1 Bilah Hulu, untuk tahun anggaran 2019 jumlah siswa terdaftar sebanyak 996 orang dan SMP Terbuka 1 Bilah Hulu sebanyak 77 orang jumlah 1073 orang. 

Namun realisasi dana bos yang diterima hanya sebanyak 1046 orang dengan rincian,  SMP Negeri 1 B Hulu 993 orang dan SMP Terbuka 1 B. Hulu sebanyak 53 orang.

Khusus SMP N 1 Bilah Hulu pada bulan Juli, saat menamatkan siswa kelas IX dan menerima peserta didik baru kelas VII terjadi perubahan jumlah siswa menjadi 948 orang, jumlah ini  akan terus berubah tergantung siswa mutasi masuk dan siswa mutasi keluar. 

Di Bulan Agustus kembali terjadi perubahan jumlah dari sebelum nya 948, menjadi 950.Karena ada peserta didik mutasi masuk, dan berikut nya terjadi lagi ada nya peserta didik mutasi keluar sehingga jumlah kembali berubah menjadi 949 orang. 

Perubahan jumlah  mutasi masuk dan keluar ini terus dilaporkan secara periodik per perubahan kedata Dapodik yang dilakukan  secara online. 

Atas perubahan yang terjadi, kelebihan dan kekurangan penyaluran dana bos secara otomotis akan dilakukan langsung oleh sistem pada pencairan tri wulan ke IV. 

"Sesuai dengan penjelasan diatas, saya meluruskan dugaan yang  dituduh kan  pada kami  telah melakukan penyelewangan dana Bos adalah tidak benar," tegas Slameto. 

Kedepan kami berharap dukungan dan kriktik yang bersifat membangun dari semua pihak  khusus nya warga sekolah yang tujuan nya untuk meningkat kan mutu pembelajaran dikelas dan mutu pendidikan di sekolah khusus nya SMP Negeri 1 Bilah Hulu.(TAp|*)
  BeritaTerkait
  • Pendidikan Harga Mati di Lanny Jaya Papua

    3 tahun lalu

    Papua (Pelita Batak) : Dalam sambutannya, Bupati Befa Yigibalom, SE, M,Si menyatakan bahwa pendidikan adalah harga mati untuk membangun di Kabupaten Lanny Jaya, Provinsi Papua. “Kami tidak

  • Rahasia Hati dan Sebiji Kacang Ijo Dari Elia Massa Manik ( Anak Kos Cisitu, Bandung, TL 83)

    3 tahun lalu

    ELIA Massa Manik berhasil melalui masa-masa sulit dan mampu menyelamatkan "kapal" PT Elnusa Tbk yang hampir tenggelam. Ia memimpin Elnusa ketika kasus pembobolan dana perusahaan Rp 111 mi

  • Membangun Pendidikan Dengan Etos Keguruan Profesional (Refleksi Hari Guru Nasional, 25 Nopember 2017)

    2 tahun lalu

    Oleh : Benyamin Nababan,S.Pd.,MMSepanjang perjalanan sejarah bangsa Indonesia peran guru sangatlah nenentukan dan dapat dirasakan peserta didik (siswa) dan masyarakat dalam menanamkan semangat kecinta

  • Gubernur Sumut: Saya Tidak Ingin Dengar Ada Anak yang Tak bisa Sekolah Karena Biaya

    3 tahun lalu

    Ternyata Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi juga memahami falsafah "Anakhon hi do hamoraon di au". Ia mengatakan, tidak ingin mendengar ada anak yang putus sekolah karena keterbatasan biaya. Selain itu, Erry juga tidak i

  • Baru Enam Perusahaan di Sumut yang Masuk Bursa Saham

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak): Otoritas Jasa Keuangan terus mendorong pelaku industri khususnya di daerah memanfaatkan Pasar Modal sebagai sumber pendanaan dalam pengembangan usahanya.   "

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb