• Home
  • Pendidikan
  • IPB Kenalkan "Science Techno Park" Termaju di Indonesia
KSP Makmur Mandiri
Senin, 26 September 2016 10:33:00

IPB Kenalkan "Science Techno Park" Termaju di Indonesia

BAGIKAN:
Istimewa

 

Bogor (Pelita Batak) :
 

 

Institut Pertanian Bogor (IPB) memperkenalkan IPB Science Techno Park. Sebuah kawasan pengembangan inovasi yang akan menjadi science-techno-park bidang pertanian, pangan dan biosains termaju di Indonesia. Demikian disampaikan, Direktur IPB Science Techno Park, Dr Meika Syahbana Rusli di Bogor pada hari ini (26/9/2016).
 
IPB Science Techno Park merupakan area terpadu yang digunakan untuk pengembangan dan komersialisasi hasil inovasi produk dan jasa bidang pertanian tropis, pangan dan biosains yang didukung oleh fasilitas dan infrastruktur yang baik serta peraturan yang kondusif.  
 
"Kedepannya IPB Science Tekno Park diharapkan menjadi Science Techno Park Paling Produktif dan terkemuka di bidang Pertanian Tropis, Pangan dan Biosains di Asia Tenggara," ungkap Meika.
 
Untuk memenuhi hal tersebut, IPB Science Techno Park menyelenggarakan berbagai program diantaranya penyediaan layanan fasilitas laboratorium dan pilot plant serta jasa analisis bagi riset komersial dan pengembangan produk. Selain itu juga menyelengarakan inkubasi bagi start-up bisnis berbasis science dan technology. Program lainnya melakukukan interfacing antara inovator dengan kalangan industri dalam komersialisasi hasil inovasi. Dan yang lebih penting lagi dilakukan yaitu interfacing antara inovator dengan kalangan industri dalam komersialisasi hasil inovasi, dan juga menyediakan layanan pengembangan SDM dan solusi bisnis di bidang pertanian tropis, pangan, dan biosains 
 
Dalam kawasan IPB Science Techno Park tersebut dibangun Sharing Laboratory Building and Facility, Sharing Pilot Plant Area and Facility, Multi Tenant Building, Edutaiment dan Gallery Inovasi IPB, Training dan Meeting Center, Research Center, Guest House dan Restaurant, Park Management , Ruang Terbuka Hijau, Parking Area serta fasilitas pendukung lainnya. 
 
"IPB Science Techno Park akan berperan memfasilitasi tumbuhnya kreativitas dan inovasi yang bernilai tambah dari stakeholder utamanya yang terdiri atas Kelompok Akademik dan Kelompok Bisnis," ungkap Meika.
 
Sementara itu, keberadaan IPB Science Techno Park ini diproyeksikan akan memberikan keuntungan Ekonomi, berupa peningkatan nilai tambah produk dan penciptaan lapangan pekerjaan; Keuntungan Sosial, berupa tersedianya wahana edutainment bagi masyarakat; serta  Lingkungan, berupa menambah lahan hijau dan ruang terbuka serta atmosfer yang baik. 
 
"Jadi IPB Science Techno Park ini merupakan tempat untuk melanjutkan fase penelitian sehingga hasil inovasi dapat diimplementasikan sebagai produk yang bisa ditawarkan dan dijual kepada masyarakat. Ratusan hasil penelitian IPB dan inovasinya dapat ditemui di IPB Science Techno Park," tutur Meika.
 
Produk unggulan di IPB Science Techno Park diantaranya Benih Padi IPB 3S yang berpotensi memberikan hasilkan 11 ton/ha, Pepaya Calina yang kini menjadi favorit masyarakat, Beras analog untuk penderita diabetes, Katulac pakan tambahan untuk sapi perah, Fastrex transporter di lahan perkebunan dan kehutanan, Mie Jagung, Sormeal sereal sehat berbahan sorgum, Sasumuzi, Inventpro enzim rekombinan reverse transcriptase, serta Rapid Test Flu Burung berupa test kit untuk mendeteksi flu burung secara cepat.
 
IPB Science Techno Park didirikan di kawasan eks-Kampus Fakultas Kedokteran Hewan IPB di Taman Kencana Bogor dengan total area seluas 3.46 Ha. Pengembangan tahap pertamanya dilakukan hingga tahun 2019 mendatang. 
 
Guna mengenalkan produk hasil inovasi yang siap dikomersialisasikan, IPB Science Techno Park akan menggelar Open House & Innovation Expo, di daerah Taman Kencana Kota Bogor pada 27-28 September 2016. 
 
"Pada open house kali ini, kami akan mengundang pihak industri dan swasta untuk memperlihatkan adanya peluang bisnis dari produk jadi yang dikembangkan oleh IPB. Tentu selain itu, open house terbuka juga bagi semua pihak yang ingin mengenal produk-produk inovasi IPB dan ingin bekerjasama mengembangkannya," tutur Meika Syahbana Rusli. (TAp/rel)
 
  BeritaTerkait
  • Inovasi IPB Digelar Pada Open House "IPB Science Techno Park"

    4 tahun lalu

    Bogor (Pelita Batak) :Ratusan hasil penelitian dari para peneliti Institut Pertanian Bogor (IPB) ditunjukan dalam kegiatan perkenalan dan open house IPB Science Techno Park yang merupakan sebuah kawasan pengembangan inovasi bidang pertanian, pangan dan bi

  • Alumni Gelar FGD Bahas Hilirisasi Inovasi Institut Pertanian Bogor (IPB)

    4 tahun lalu

    Bogor(Pelita Batak): Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB) bekerjasama dengan Direktorat Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni (CDA) IPB akan menggelar Fokus Group Discussion (FGD) den

  • Film Spin-off Star Wars Segera Rilis, Ini Dia 5 Film Science Fiction Terlaris

    4 tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Sebentar lagi kemeriahan Star Wars akan kembali menghiasi bioskop Tanah Air. Para pecinta film bergenre science fiction ini akan kembali dihibur dengan hadirnya film Star War

  • Pencanangan Gerakan Bersama Menuju Eliminasi TBC 2030

    8 bulan lalu

    Cimahi (Pelita Batak):Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menghadiri kegiatan Pencanangan Gerakan Bersama Menuju Eliminasi TBC 2030, di Cimahi Techno Park, Kota Cimahi, Rabu

  • Kota Medan Raih Piala WTN Empat Kali Berturut

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menerima penghargaan Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) Kategori Lalu Lintas untuk Kota Metropolitan dari Menteri Perhubungan Repub

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb