KSP Makmur Mandiri
Jumat, 15 Juli 2016 09:31:00

Hari Pertama Masuk Sekolah, ASN Diijinkan Antar Anak

BAGIKAN:
Ilustrasi

Jakarta (Pelita Batak)
Sebagai bentuk dukungan pemerintah dalam upaya pembangunan karakter anak sejak hari pertama masuk sekolah, Pemerintah memberikan izin bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada hari pertama masuk sekolah (18 Juli 2016) untuk mengantarkan dan mendampingi putra/putrinya ke sekolah. Namun diingatkan, setelah mengantarkan anaknya ke sekolah, pegawai dimaksud harus hadir ke tempat kerja masing-masing.

Tertuang dalam Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi tertanggal 14 Juli 2016, yang ditujukan kepada Para Menteri Kabinet Kerja, Panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung, Para Kepala Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Para Pimpinan Kesekretariatan Lembaga Negara, Para Pimpinan Lembaga Non Struktural, Para Gubernur se Indonesia, dan Para Bupati/Walikota se Indonesia.

Surat Edaran Menteri PANRB itu merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 4/2016, dan Surat Mendikbud No. 28901/MPK.A/KP/2016 perihal permohonan izin bagi ASN di hari pertama masuk sekolah.

Dalam SE tersebut, Kemendikbud mendorong ASN atau PNS untuk mengantar anak ke sekolah di hari pertama sekolah dan dapat memberi dispensasi dapat memulai kerja sesudah mengantar anak ke sekolah, di hari pertama masuk sekolah.

Momentum Orang Tua

Dalam Surat Edaran yang diterbitkannya, Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi mengemukakan, hari pertama masuk sekolah merupakan momentum bagi orang tua, siswa, dan sekolah guna membangun interaksi dalam ekosistem pendidikan.

"Kegiatan ini penting dalam rangka untuk melakukan revolusi mental para pelaku pendidikan, khususnya orang tua untuk terlibat aktif dalam pendidikan putra-putrinya di sekolah," tutur Yuddy.

Namun Menteri PANRB mengingatkan, bagi pegawai ASN yang akan mengantarkan dan mendampingi putra-putriya ke sekolah pada tanggal 18 Juli 2016, sebelumnya harus melaporkan kepada atasan masing-masing. "Ini perlu agar ASN yang bersangkutan mendapat izin untuk melaksanakan kegiatan dimaksud," tegas Yuddy dalam Surat Edaran itu dikutip dari setkab.go.id.

Tak lupa Menteri PANRB meminta kepada para pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) instansi pemerintah pusat dan daerah agar dapat memberikan izin kepada ASN yang akan melaksanakan kegiatan tersebut.

Selain itu, PPK juga diminta melakukan pengaturan serta pemantauan, agar dalam pelaksanaannya tidak mengganggu pelayanan publik dan tugas pemerintahan serta pembangunan yang menjadi tugas dan fungsi masing-masing.(TAp)

  BeritaTerkait
  • Friedrich Silaban Disebut "By the Grace of God" Oleh Soekarno

    4 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak) : Lahir di Bonandolok, Sumatera Utara, 16 Desember 1912, Friedrich Silaban hanya bersekolah di HIS Narumonda, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, dan Koningin Wilhelmina School, sebuah sekolah teknik di Jakarta.

  • Ini isi Lengkap Nota Keberatan Ahok di Pengadilan

    4 tahun lalu

    Jakarta Pelita Batak): Bapak Ketua Majelis Hakim, dan Anggota Majelis Hakim yang saya muliakan, Sdr. Jaksa Penuntut Umum yang saya hormati, Penasihat Hukum dan Para Hadirin yang saya hormati, &

  • Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing Bina Pelayan HKBP Se-Ressort Kramat Jati

    3 tahun lalu

      Laporan: Pdt Alter Pernando Siahaan    Ephorus Pdt Dr Darwin Lumbantobing : "Tindakan dan praktek mengikutsertakan anak dalam proses pendidikan adalah suatu u

  • Tradisi Makan Bersama, Sangat Penting Membentuk Keluarga yang Tangguh

    3 tahun lalu

    Oleh Ronsen LM Pasaribu   Tadisi makan bersama di kalangan masyarakat pedesaan, sudah diajarkan kepada kita sejak kecil. Masih segar ingatan kita pagi, siang dan malam, selalu berkumpu

  • Kronologi Tersendiri Penganiayaan Sebastian Hutabarat di TKP, Tempat Diskusi dan Minum Kopi

    3 tahun lalu

    08:15-08:20 Sepeninggal JM, SH ditarik kembali ke tempat diskusi dan minum kopi mereka sebelumnya. JS dan anggotanya mulai memaki-maki dan memukuli SH. Berkali kali Jautir menyebut siapa dirinya, dan

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb