• Home
  • Pariwisata
  • Syaiful Bahri Lubis : "Siapkan Berbagai Alternatif untuk Kembangkan Wisata"
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 12 Agustus 2016 09:43:00

Syaiful Bahri Lubis : "Siapkan Berbagai Alternatif untuk Kembangkan Wisata"

BAGIKAN:
Sekretaris Daerah Kota Medan, Ir Syaiful Bahri Lubis saat memberikan arahan didampingi Drs Hasan Basri MM selaku Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan
Medan (Pelita Batak)
Koordinasi dan konsolidasi antar pelaku industri pariwisata sangat diperlukan untuk peningkatan kinerja Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan. Untuk itu, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan mengadakan rapat kerja/koordinasi di Hotel Karibia Medan, Kamis (11/8/2016).
 
Sekretaris Daerah Kota Medan, Ir Syaiful Bahri Lubis, dalam sambutannya menyampaikan, pembangunan di bidang pariwisata adalah investasi jangka panjang yang dapat memberikan dampak positif terhadap percepatan pembangunan. Pada tahun 2015, jumlah kunjungan wisata mancanegara ke Kota Medan berjumlah ±197 ribu orang, atau hanya 2% dari total kunjungan wisatawan mancanegara di Indonesia.
 
"Catatan ini tentunya bukan berita yang menggembirakan buat kita semua, mengingat potensi wisata dan posisi Kota Medan yang cukup strategis," ungkapnya.
 
Menurut Syaiful yang mewakili Wali Kota Medan, penetapan Kota Medan sebagai salah satu dari 20 destinasi pariwisata unggulan di Indonesia oleh Kementrian Pariwisata, harus direspon dengan cepat dan baik.
 
"Kita harus menyiapkan berbagai alternatif dalam pengembangan potensi pariwisata kota, seperti pembenahan dan renovasi kawasan wisata, menciptakan daerah tujuan wisata, melakukan promosi serta alternatif lain yang dapat dilakukan," ujarnya.
 
Walikota mengungkapkan, diperlukan pengintegrasian program kerja dalam rangka meningkatkan keterpaduan dan kerjasama seluruh stakeholder kepariwisataan, sehingga dapat menyamakan dan menyatukan persepsi dalam pengembangan pariwisata kota.
 
Melalui kesempatan ini, ia mengajak pemerintah dan para insan kepariwisataan untuk bersatu mengelola dan mendorong tumbuhnya industri kepariwisataan dan ekonomi kreatif, sebagai usaha terencana, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah yang lebih baik lagi di masa yang akan datang.
 
Ia berharap, agar rapat kerja ini, dapat mendorong seluruh stakeholder kepariwisataan untuk meningkatkan daya saing, melakukan inovasi dan tentunya membudayakan pariwisata yang dapat menumbuhkan rasa memiliki terhadap Kota Medan sebagai "Rumah Kita".
 
Ditambahkan Syaiful, pariwisata seperti situs Kota Cina, Danau Siombak dan lainnya yang ada di Kota Medan diharapkan agar dapat dikemas dan dikembangkan sebaik mungkin sehingga dapat menarik para pengunjung.
 
Sementara itu, Drs Hasan Basri MM selaku Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan berharap, melalui rapat kerja ini dapat menghasilkan agenda bagaimana Kota Medan agar memiliki brend yang dapat mengkampanyekan Kota Medan kepada wisatawan yang ingin berkunjung ke Kota Medan.
 
Sedangkan untuk para pengelola destinasi, Hasan Basri menyampaikan, agar sadar bahwa destinasi yang juga merupakan multi etnik, merupakan salah satu unggulan budaya di kota Medan.(TAp)
 
  BeritaTerkait
  • Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2018, Jadi Spirit untuk Pembangunan dalam Penataan Lingkungan Perkotaan

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Medan tahun 2018 di Hotel

  • OJK Jelaskan Investasi yang Aman dan Bodong

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi membuka acara Sosialisasi Alternatif Berinvestasi di Pasar Modal Bagi Para Pegawai Pemko Medan di Balai Kota Medan, Kamis (1

  • Festival Kuliner 2017 Kota Medan

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi membuka Festival Kuliner 2017 di Lapangan Merdeka Medan, Kamis (6/7). Keberagaman dan kelezatan kuliner yang berasal dari percampuran

  • Wali Kota Buka Workshop Kekuatan Promosi Wisata

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Wali Kota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si diwakili Sekda Ir. H. Syaiful Bahri Lubis membuka workshop kepariwisataan, Sabtu (30/6) di Hotel Santika Dyandra.Workshop itu berta

  • Upacara Bendera Hari Jadi Kota Medan Ke-428

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Puncak Hari Jadi Kota Medan ke-428 tahun 2018 dipungkasi dengan upacara bendera di Lapangan Benteng Medan, Senin (2/7).`Wali Kota Medan Drs H T dDzulmi Eldin S MSi yang bertindak

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb