• Home
  • Pariwisata
  • Pusat Oleh-oleh 'Siholta' Tambah Koleksi Pariwisata Danau Toba
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 13 November 2019 09:56:00

Pusat Oleh-oleh 'Siholta' Tambah Koleksi Pariwisata Danau Toba

* RE Nainggolan akan Ikut Promosi
BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Humbahas (Pelita Batak):
Diawali pertunjukan drama kolosal Opera Batak, Pengacara kondang, Aldentua Siringoringo SH MH bersama istri Sarmida Br Silaban mendirikan sekaligus meresmikan Siholta, outlet foto tradisional dan pusat oleh-oleh di kawasan Danau Toba. Grand opening  dilakukan di Jl. Siborongborong - Doloksanggul Km 7 Desa Nagasaribu II Kecamatan Lintongnihuta Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), kemarin.

Aldentua menyampaikan pesan yang melatar belakangi dirinya beserta keluarga mendirikan usaha Siholta tersebut. "Kata Siholta sendiri berasal kata "SIHOL" yang artinya kerinduan ditambah kata kepemilikan "TA" yang berarti kita. Siholta berarti kerinduan kita. Kerinduan kita akan kampung halaman dan kerinduan kita memajukan kampung halaman kita," katanya.

Siholta hadir memberikan wadah bagi para pengunjung untuk mengenal, melihat dan merasakan sendiri bagaimana sensasi berpakaian dengan ulos Batak, memainkan alat musik Gondang Batak dan mendokumentasikannya dalam bentuk foto di depan dan di dalam rumah Batak. Fotonya dibawa pulang ke tempat tinggalnya menjadi sebuah memori yang abadi untuk dikenang sekaligus menjadi pemicu sihol atau kerinduan kepada tanah Batak dan budaya Batak.

"Kita harapkan, usaha ini dapat memajukan daerah dengan membantu home industri untuk mensejahterakan masyarakat. Selain itu, juga sebagai wadah edukasi kultural kepada para generasi muda agar lebih mudah belajar mengenal, mengerti, memehami kearifan lokal budaya Batak," kata alumni Fakultas Hukum USU itu.

Tokoh masyarakat Sumut, RE Nainggolan sangat mengapresiasi berdirinya usaha Siholta. Menurutnya usaha itu merupakan sebuah kerinduan yang diidamkan oleh masyarakat luas khususnya bagi pemiliknya. Atas dasar itulah dia mendoakan agar usaha itu menjadi tempat yang penuh berkat dan kebahagiaan bagi siapapun yang berkunjung ke sana.

Ditambahkan, kehadiran usaha Siholta juga nantinya akan dapat mendukung program pemerintah dalam hal destinasi pariwisata Danau Toba dengan menjadikannya sebagai paket wisata.

"Tempat seperti ini akan bisa memberikan dorongan dan menjanjikan asal ditata dengan baik. Saya juga akan ikut mempromosikan tempat ini, agar wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba menjadikan tempat ini paket wisata. Saya sarankan juga pemilik nantinya dapat berkolaborasi dengan masyarakat sekitar, baik itu dalam usaha-usaha rumahan maupun kegiatan lainnya yang mendukung usaha ini," kata RE Nainggolan.

Turut memberikan sambutan, Direktur Kerjasama Pengembangan Ekspor Kementerian Perdagangan, Marolop Nainggolan, Ketua Umum DPP PSSAB, JB Siringoringo. Hadir juga sejumlah undangan dari luar kota dan mancangera. Acara diawali dengan ibadah yang dipimpin oleh Praeses HKBP Distrik XVI Humbang Habinsaran Pdt. Kancon Nababan STh. (rel|TAp)
  BeritaTerkait
  • Tobatak Festival Kembali akan Digelar di Open Stage Tuk Tuk Siadong

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Tobatak Festival adalah sebuah pagelaran konser musik yang melibatakan beberapa artis baik  dari Eropa maupun daerah dan akan mengutamakan musik/lagu Batak.  Pagelaran

  • Melalui Kedaulatan Pangan dan Ekonomi Kerakyatan Menuju Humbang Hasundutan Hebat dan Bermentalitas Unggul

    5 bulan lalu

    PendahuluanKITA patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kini Kabupaten Humbanghasundutan usianya mencapai 16 Tahun setelah terbentuk menjadi daerah pemekaran otonomi daerah baru salah satunya di I

  • Erry Harapkan Kabupaten/Kota Gencar Promosikan Kerajinan Daerah

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Ir H T Erry Nuradi MSi bersama Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumut Ny Evi Diana Erry secara resmi membuka Gebyar Kerajinan Daerah yang digelar di Merdeka Walk, Lapangan Merdeka Med

  • Dr Ronsen Pasaribu SH MM : Orang Batak Jangan Tergusur dari Tempat Leluhurnya

    3 tahun lalu

    Samosir (Pelita Batak) :Dalam rangka mendukung pembangunan industri pariwisata di kawasan Danau Toba dan sekitarnya, pihak Forum Bangso Batak Indonesia(FBBI) bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata RI (Kemenpar) mengadakan pelatihan kompetensi tenaga pe

  • Pelatihan Forum Bangsa Batak Indonesia untuk Pengembangan Pariwisata se Kawasan Danau Toba Ditutup

    3 tahun lalu

    Samosir (Pelita Batak): Pelatihan pengembangan pariwisata yang diikuti sebanyak 160 orang pelaku pariwisata dari beberapa daerah di kawasan Danau Toba dilatih dan dibina dalam upaya pengembangan pa

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb