• Home
  • Pariwisata
  • Libur Lebaran, Pengunjung Museum Batak di Balige Membludak
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 08 Juli 2016 19:18:00

Libur Lebaran, Pengunjung Museum Batak di Balige Membludak

BAGIKAN:
Ist
Pengunjung Museum Batak Balige, Kamis 7 Juli 2016

Jakarta (Pelita Batak): Ternyata tidak hanya tempat wisata di Jakarta saja yang menjadi sasaran pengunjung. Tempat wisata di daerah seperti Museum Batak di Balige juga ramai dipenuhi pengunjung. Selama seminggu libur lebaran, lebih dari 10 ribu pengunjung dari berbagai wilayah di Sumatera mengunjungi museum ini.

"Selama libur lebaran ini jumlah  pengunjung museum membludak sampai mencapai 10 ribu lebih. Puncaknya hari kedua lebaran jumlah pengunjung mencapai 3.432 pengunjung. Dihari pertama lebaran mencapai 2.854," ujar pendiri museum Batak Letjen Purn TNI TB. Silalahi melalui pesan elektronik, di Jakarta, Jumat 8 Juli 2016.

Jumlah ini kata TB. Silalahi sangat mengejutkan. Sebab hari biasa dan libur akhir pekan, rata rata pengunjung berkisar antara 300-500 pengunjung saja. Akan halnya dengan pengunjung, kalau sebelumnya datang dari berbagai kabupaten/kota di Sumatera Utara, libur kali ini pengunjung banyak berasal dari  Riau, Batam dan Jakarta. Pengunjung lainnya adalah anak anak sekolah dasar, SMP dan SLTA yang semakin memiliki minat dan keinginan berkunjung ke Museum Batak.

"Adanya penerbangan langsung dari Jakarta, Batam dan Medan ke Bandara Silangit mempengaruhi jumlah pengunjung museum," ujar TB. Silalahi. Seperti diketahui, Museum Batak yang digagas dan didirikan oleh Letjen Purn TB Silalahi merupakan museum Batak yang menyimpan berbagai jenis benda pusaka Batak kuno. Museum ini juga merupaka  Pemenang Pertama Museum Swasta Nasional terbaik tahun 2014 kategori  Budaya versi Kenterian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Tahun yang sama musem ini juga memperoleh predikat museum terbaik nasional kategori Aspek Tujuan Wisata oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.(R5)

  BeritaTerkait
  • Ini 10 Destinasi di Danau Toba Yang Oke Banget Buat Libur Lebaran

    2 tahun lalu

    Balige (Pelita Batak):Siapa yang berani meragukan keindahan Danau Toba? Danau yang ada di Sumatera Utara ini, menjadi salah satu objek wisata andalan Indonesia. Danau Toba juga lokasi tepat untuk meng

  • Libur Panjang, Balige Alternatif Kunjungan Wisata di Tobasa

    4 tahun lalu

    Balige (Pelita Batak) : Libur panjang akhir tahun, dalam perayaan Natal 2016 dan tahun baru 2017, kawasan danau Toba menjadi sarana pariwisata yang mumpuni. Diantaranya sejumlah objek wisata di K

  • Duh, Indahnya Pantai Bulbul Balige, Tobasa

    4 tahun lalu

    Balige(Pelita Batak): Sejumlah tempat di Toba Samosir (Tobasa) bisa dikunjungi untuk menikmati keindahan alam dan sejuknya air Danau Toba, di sejumlah kabupaten wilayah Provinsi Sumatera Utara.

  • Desa Wisata Meat, Poros Sentral Jalur Wisata Terbaik Danau Toba

    2 tahun lalu

    TOBA SAMOSIR (Pelita Batak):Berkunjung ke kawasan Destinasi Super Prioritas Danau Toba? Anda harus coba jalur wisata terbaik versi generasi milenials. Mengekplorasi area Toba Samosir (Tobasa), mereka

  • Wisman Asal Prancis Nikmati Pagelaran KPDT di Tobasa

    12 bulan lalu

    Balige (Pelita Batak): Hari kedua KPDT dihadiri ribuan orang menggunakan pakaian adat memadati Jalan Sisingamangaraja, Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumatera Utara (Sumut) Sabtu (14/09/202

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb