KSP Makmur Mandiri
Jumat, 12 Agustus 2016 13:36:00

Jejak Persemedian Raja Sisingamangaraja XII

BAGIKAN:
Abed Ritonga
Lokasi yang diyakini sebagai persemedian Raja Sisingamangaraja XII
Goa yang diyakini sebagai tempat persemedian  Raja Sisingamangaraja XII ditemukan di Desa Sibatu-batu, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbahas. Lokasinya tak jauh dari Doloksanggul, ibukota pemerintahan. Begitu lewat Marade, masuk ke Desa Sibatu-batu dan pengunjung boleh bertanya ke warga setempat, di mana lokasi persemedian  Raja Sisingamangaraja XII.
 
Objek wisata sejarah ini belum banyak diketahui publik. Pemkab Humbahas pun masih belum melirikknya untuk dikembangkan untuk melengkapi objek wisata andalan di daerah tersebut. Padahal kisah tentang Raja Sisingamangaraja XII yang terkenal sakti mandraguna sangat melegenda di kalangan orang Batak, bahkan ke luar negeri.
 
Raja yang konon kebal senjata api ini, akhirnya bisa tertembak setelah terkena darah putrinya Boru Lopian. Karena sakti, Raja Sisingamangaraja XII sering melakukan semedi di tempat-tempat tertentu, yang dianggap keramat. Nah, dari sekian banyak lokasi persemediannya, di Desa Sibatu-batu inilah diyakini salah satu tempat favorit Raja Batak tersebut.
 
Penelurusan Abed Ritonga, kru Radio Pelita Batak di Doloksanggul, pemilik lokasi tersebut adalah Nurjon Simorangkir, warga Medan. Dua puluh dua Tahun silam membeli tanah itu untuk dijadikan rumah tinggal dan perladangan. Tak lama setelah proses pembelian tanah tersebut, ia bermimpi bertemu Raja Sisingamangaraja XII. Dia mendapat petunjuk, lokasi tersebut adalah persemedian  Raja Sisingamangaraja XII.
 
Simorangkir lalu membangun goa itu pada 2008-2009 dan kemudian diresmikan tokoh masyarakat Kecamatan Pollung. Hingga kini bangunanya masih berdiri megah. Diharapkan Pemkab Humbahas bisa membenahi dan mempromosikannya ke khalayak ramai.(Abed Ritonga)
  BeritaTerkait
  • Resensi Buku "TOBA - Seri Kaldera Nusantara ", Penulis : A. Ratdomopurbo et.al

    10 bulan lalu

    Oleh : Sampe L. PurbaMembaca buku ini, kita seakan dibawa berselancar ke dunia ilmiah historis beraroma dongeng geologis yang dibungkus dengan pilihan kata yang renyah memikat dan mudah diikuti kaum a

  • Pertamina Turut Jaga Kelestarian Monumen Raja Sisingamangaraja XII

    4 tahun lalu

    "Pemugaran ini wujud nyata kepedulian Pertamina sebagai perusahaan energi nasional dalam menjunjung tinggi kearifan lokal dan nilai-nilai budaya,"

  • Ada legenda Ular Menjadi Batu di Humbahas

    4 tahun lalu

    Terletak di Dusun Parduaduaan Desa Sihas Tonga Kecamatan Parlilitan. Desa ini merupakan batas Kecamatan Parlilitan dengan Kecamatan Tarabintang Kabupaten Humbanghasundutan.   Kalau kit

  • Ini Lokasi Wisata Bagus di Humbahas

    4 tahun lalu

    Kabupaten Humbanghasundutan menyimpan panorama alam yang luar biasa untuk dunia pariwisata. Wisata alam, kuliner, wisata air dan yang lainnya bisa memberikan sentuhan pengalaman yang alami dan spektakuler.

  • Sihar Sitorus: Bakara Merupakan Kawasan Penuh Inspirasi

    3 tahun lalu

    Bakara (Pelita Batak) :Calon Wakil Gubernur (Cawagub) nomor urut dua, Sihar Sitorus kagum dengan keindahan Bakara, Kecamatan Baktiraja, Humbang Hasundutan (Humbahas). Kunjungan di kawasan kerajaan Sis

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb