KSP Makmur Mandiri
Sabtu, 31 Desember 2016 12:09:00

Pesan Buat Pendeta HKBP

Oleh: Pdt Dr Robinson Butarbutar
BAGIKAN:
Ist
Pdt Dr Robinson Butarbutar, STT HKBP Jln Sangnawaluh 6 Pematangsiantar
Teman-temanku Pendeta HKBP yg baik, Abang-Abang terhormat, dan Saudara-saudara terkasih. Ijinkan saya mengungkapkan refleksi akhir tahun 2016 dan menjelang tahun baru 2017 ini dengan kerendahan hati dan doa.
 
"Biarlah semua yg kita telah lakukan untukNya pada tahun 2016 ini berkenan di hatiNya, untuk kemuliaan namaNya dan sukacita bagi kita, gerejaNya dan keluarga kita maupun para sobat kita semua.
 
Pada tanggal 20 Januari 2017 mendatang Presiden terpilih Amerika Serikat, satu dari negara adikuasa di bumi ini, akan mulai memerintah. Banyak bangsa di dunia yang waswas bagaimana beliau akan memimpin negerinya dan berinteraksi dengan bangsa-bangsa lainnya, adikuasa lainnya dan bukan, apakah mengarah ke tujuan bangsa2, yaitu perdamaian yang berkeadilan dan interaksi yang saling menghormati, siap mencegah kejahatan2 yg menyengsarakan manusia atau sebaliknya, apakah semakin mendukung usaha2 anti rasisme, terorisme,  dan anti kapitalisme yg asosial atau sebaliknya. 
 
Kita juga belum tahu, apakah pada pemilu di Jerman tahun depan harapan Dr Angela Merkel untuk terpilih keempat kalinya sbg Perdana Menteri Jerman akan terpenuhi. Jika terpilih sbg peimpin satu negara Uni Eropah yg sangat berpengaruh Merkel diharapkan dapat menyeimbangkan kondisi dunia bersama D. Trump, Putin da Erdogan (Turki). Kita juga tdk bisa menduga apakah proses perpisahan Inggris dari Uni Eropa akan berjalan mulus. 
 
Kondisi dunia pada tahun 2017 akan banyak dipengaruhi oleh peristiwa2 yg akan terjadi terkait hal-hal di atas, termasuk di negeri kita, di mana kita berharap ketenangan membangun tidak akan diganggu oleh pergesekan2 sosial, politik dan agama seperti kita saksikan pada kwartal keempat tahun ini.
 
Kita juga belum tahu apakah kesepakatan Paris Des 2015 dan penekanannya pada tahun 2016 utk penekanan panas bumi akan giat dilaksanakan bangsa-bangsa di bumi atau tidak. Jika tidak percepatan mencairnya es di Atlantik Utara akan mengancam kota2 dan penduduknya yg berada di tepi-tepi pantai akibat menaiknya volume air, dan berita-berita di dunia akan dipenuhi oleh bencana-bencana besar terkait cuaca yg tidak terduga.
 
Di seluruh dunia, sebagai salah satu lembaga agamawi, Gereja-Gereja berKepalakan Yesus Kristus yg duduk di sebelah kanan Allah Bapa dan dipimpin oleh RohNya, akan terus mengabarkan berita baik bahwa Allah mengasihi manusia dan ciptaan lainnya, Dia menghendaki perdamaian di antara bangsa-bangsa dan dengan ciptaan lainnya, Dia memberkati keadilan, kebebasan dan cinta kasih, menolak ketidakadilan, penjajahan dan kebencian. 
 
Kita sebagai Pendeta dari satu Gereja besar di dunia ini, HKBP, dipanggil dan ditugaskan oleh Allah Tritunggal untuk, sendiri-sendiri atau bersama dan bersama yang lainnya,  menjadi alatNya dan  mitraNya dengan mengandalkan kuasaNya untuk memberitakan dan memerankan kehendak-kehendakNya seperti tersebut di atas, di tempat di mana kita bertugas di tengah-tengah umatNya, di tengah keluarga kita sendiri maupun di tengah persekutuan jemaat dan masyarakat. Untuk itulah memang kita dipanggil. Tugas itu memang maha berat, karena penuh resiko. 
 
Tetapi marilah selalu dengan sangat kerendahan hati, dengan meneladani kasihNya, dengan mengandalkan kuasaNya, dengan keyakinan yang teguh, dengan harapan yg kuat melaksanakan tugas-tugas kita sebagai pemangku tugas gereja: memberitakan firman, melayankan sakramen, menggembalakan, dan meneladankan kasih dan perdamaian. 
 
Yesus Kristus telah berjanji untuk bersama-sama dengan kita. 
Mari juga saling mendoakan, dengan selalu mengambil waktu yang cukup bersamadi, berrefleksi dan berjejaring, serta belajar tentang kehendakNya, peran kita, dan pelayanan kita terhadap mereka yang diserahkan kpd kita untuk kita layani, yg dekat maupun yg jauh, yang kita kenal atau tidak, yang terkenal maupun yg tidak, yg tak berpunya atau yang berada, kaum pemimpin maupun yang dipimpin, masyarakat yang beruntung maupun yang tidak beruntung. Yesuslah menjadi teladan kita.  Mari tetap terjejaring dengan Dia, dlm pikiran, kehendak dan tindakan maupun doa.(Pdt Dr Robinson Butarbutar, STT HKBP Jln Sangnawaluh 6 Pematangsiantar)
  BeritaTerkait
  • 7 Nama Komisioner KPID Sumut Beredar Dua Versi

    5 tahun lalu

    Informasi diperoleh, Jumat (20/5/2016) mengatakan, beredar dua versi tujuh nama Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumut, lantaran masing-masing calon diduga membayar meminta kepastian nama mereka masuk dalam daftar yang ditetapkan.

  • Menyambut Seminar Ekklesiologi HKBP - Komisi Teologi HKBP Menuju Sebuah Gereja Pendeta?

    4 tahun lalu

    Tulisan ini ditujukan kepada Komisi Teologi HKBP yang sedang menggelar Seminar Ekklesiologi HKBP di tiga kota sesuai dengan informasi Ephorus HKBP Pdt.Dr.Darwin Lmbantobing pada  kata sambutan

  • Jokowi dan HKBP

    4 tahun lalu

    HARAPAN Jokowi agar HKBP menyuarakan semangat pluralisme di negara ini harus kita respon karena memang sudah menjadi tanggung jawab semua elemen bangsa untuk mendorong kebhinnekaan sebagai anugerah

  • Teologi dan Bahasa Figuratif: "Pendeta Representasi Figur Kristus"? (Bagian Terakhir)

    3 tahun lalu

    Oleh: Pdt. Dr.  J.R. Hutauruk3. Refleksi: OrdinasiSeperti apa sosok atau figur  'pendeta' yang  disebut-sebut sebagai 'representasi figur Kristus'?, mari kita coba m

  • Respons Permintaan Ephorus HKBP, Walikota Jambi Janji Segera Terbitkan IMB HKBP Aurduri Jambi

    3 tahun lalu

    Penulis: Pdt. Alter Pernando Siahaan, Sekretaris Khusus Ephorus HKBPWalikota Jambi bapak Syarif Fasha, ME mengatakan berjanji secepatnya menerbitkan IMB (Izin Mendirikan Bangunan) Gereja HKBP Aurduri

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb